SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 3 September 2014
Pencarian Arsip

Pemerintah Siapkan PP Terkait Ormas
Selasa, 2 Juli 2013 | 19:42

Kelompok pengajian ibu-ibu. [google] Kelompok pengajian ibu-ibu. [google]

[JAKARTA] Pemerintah sedang mempersiapkan peraturan tentang organisasi kemasyarakatan (ormas) pascapersetujuan DPR untuk disahkannya RUU Ormas di sidang paripurna, Selasa, kata Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemdagri Tanribali Lamo.

"Langkah yang kami kerjakan dalam waktu dekat adalah menindaklanjuti dengan pembentukan PP (peraturan pemerintah) serta melakukan sosialisasi terhadap ormas dan pemerintah daerah," kata Tanribali di Jakarta, Selasa.

PP tersebut akan mengatur antara lain mengenai mekanisme pendaftaran surat keterangan terdaftar (SKT) dan pemberdayaan ormas.

Selain itu juga akan disusun PP yang diperlukan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam menindaklanjuti ketentuan terkait ormas asing.

Lebih lanjut Tanribali mengatakan ormas yang wajib mendaftarkan keberadaan organisasi mereka adalah ormas yang baru terbentuk dan ormas yang SKT-nya sudah tidak berlaku.

"Masa pendaftaran ormas itu empat tahun, kalau sudah habis masanya mereka harus memperbarui sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam UU ini," jelasnya.

Sementara itu, bagi ormas yang sudah berdiri sejak sebelum masa kemerdekaan tidak diwajibkan mendaftar dan diberlakukan peraturan khusus di dalam UU itu.

Organisasi keagamaan dan buruh juga tidak termasuk dalam kategori ormas, sehingga aktivitasnya tidak diatur di dalam UU Ormas.

RUU Ormas akhirnya disetujui untuk disahkan meskipun beragam penolakan masih mewarnai revisi UU Nomor 8 Tahun 1985 tentang Ormas itu.

Sebanyak 139.957 ormas tercatat keberadaannya di Tanah Air, dengan rincian 65.577 tercatat di Kemdagri, 25.406 di Kementerian Sosial, 48.866 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) dan 108 ormas asing di Kemlu.

Dengan banyaknya ormas tersebut, ditambah dengan yang belum terdaftar, Pemerintah mendukung upaya DPR untuk mengatur segala bentuk aktivitas ormas di Tanah Air. [Ant/L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»