SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 1 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Kasus Korlantas

Pekan Depan KPK Telaah Barang Bukti
Minggu, 12 Agustus 2012 | 11:27

Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) [Antara] Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) [Antara]

[JAKARTA] Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi kembali menegaskan bahwa pekan depan penyidik KPK mulai mengakses hasil sitaan dari kantor Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri.

Menurut Johan Budi, yang dimaksud mengakses adalah melakukan telaah terhadap hasil sitaan tersebut. Sebab, ketika dibawa belum dilakukan telaah.

"Setelah penggeledahan belum dilakukan lagi telaah terhadap barang bukti. Maka akan dilakukan telaah," kata Johan, Jumat (10/8).

Hanya saja, ketika dikonfirmasi kembali, Johan mengaku tidak tahu mekanisme telaah yang dilakukan. Sebab, merupakan kewenangan dari penyidik yang menangani perkaranya.

Demikian juga ketika ditanya apakah barang bukti tersebut akan dikonfirmasi kepada saksi-saksi, Johan mengaku hal itu merupakan kewenangan dari penyidik yang didasarkan pada temuannya.

Seperti diketahui, tim KPK melakukan penggeledahan di kantor Korlantas Mabes Polri sejak Senin (30/7) pukul 16.00 WIB hingga Selasa (31/7) pukul 05.00 WIB.

Tetapi, kabar yang beredar, penyidik KPK tersebut sempat tertahan di dalam kantor Korlantas karena tidak diperbolehkan meninggalkan kantor di jalan MT Haryono tersebut.

Penahanan tersebut terjadi karena KPK membawa bukti-bukti penting, diantaranya berupa bukti aliran dana ke pejabat di Kepolisian.

Untuk mengatasi situasi tersebut, kabarnya Pimpinan KPK sampai turun ke lapangan. Pimpinan tersebut, diantaranya adalah Abraham Samad, Busyro Muqoddas dan Bambang Widjojanto.

Bahkan, setelah barang bukti dapat diamankan ke kantor KPK, Jakarta, lembaga antikorupsi tersebut belum dapat mengakses hasil sitaan yang disimpan dalam sebuah kontainer. [N-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!