SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 26 Juli 2014
Pencarian Arsip

Disebut Calon Kapolri, Komjen Budi Gunawan Ngaku Masih Junior
Selasa, 9 April 2013 | 13:28

Komjen Pol Budi Gunawan [google] Komjen Pol Budi Gunawan [google]

[JAKARTA] Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan mengatakan, belum saatnya dia menjadi Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Budi Gunawan mengaku masih junior untuk menjadi orang nomor satu di Polri.

Dia juga mengaku sangat tersanjung ketika namanya masuk dalam daftar perwira tinggi (pati) Polri yang berpeluang menggantikan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.  

“Saya berterima kasih, karena media menyebut nama saya sebagai salah satu calon Kapolri. Saya masih junior. Belum saatnya untuk menjadi Kapolri. Masih banyak pati lain yang lebih senior,” ujarnya di Jakarta, Selasa (9/4).

Saat ini beredar sejumlah nama pati Polri yang disebut-sebut sebagai calon pengganti Jenderal Timur Pradopo. Nama-nama itu beredar setelah muncul pernyataan dari Istana bahwa Kapolri dan Panglima TNI akan diganti pada Agustus atau September tahun ini.

Jenderal Timur sebenarnya baru memasuki usia pensiun pada Januari 2014. Pergantian itu lalu dikaitkan dengan situasi politik dan keamanan, yang rawan menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

Timur Pradopo pernah mengatakan, sesuai aturan dalam UU Polri, pemilihan Kapolri merupakan kewenangan Presiden. Selain itu, proses pemilihan Kapolri juga harus mendapatkan persetujuan dari DPR.

Salah satu nama yang disebut-sebut layak untuk menggantikan Timur Pradopo adalah Komjen Budi Gunawan. Meski namanya santer disebut, Budi tak mau berkomentar banyak, termasuk soal kabar yang menyebutkan kalau dia sudah mendapat dukungan dari sejumlah partai politik (parpol).  

“Mari kita serahkan proses pemilihan ini kepada Wanjakti (Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tertinggi, Red) untuk kemudian keputusan ada di tangan Presiden,” ujarnya. [O-1]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»