SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 22 September 2014
Pencarian Arsip

Exco PSSI Usulkan Pemecatan Klub ISL dan DU
Selasa, 29 Januari 2013 | 11:13

Ilustrasi PSSI vs KPSI [kabarindonesia] Ilustrasi PSSI vs KPSI [kabarindonesia]

[JAKARTA] PSSI mengusulkan pemecatan klub-klub yang berlaga di Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama (DU) dari keanggotaan PSSI. Langkah itu diambil setelah para klub yang bernaung dibawah PT Liga Indonesia itu menolak untuk berada di bawah yuridiksi PSSI.

"Kami (PSSI) memperkuat hukuman atas klub yang menolak bergabung di bawah yuridiksi PSSI," ujar Sekjen PSSI Halim Mahfudz seusai mengadakan rapat komite eksekutif (Exco) di Kantor PSSI Pusat, Senayan, Jakarta, Senin (28/1) malam.

Hukuman itu dijatuhkan kepada 15 klub yang berlaga di ISL dan 27 tim yang bermain di DU. Keputusan dicoretnya ke-42 klub itu akan diambil pada Kongres Biasa atau Tahunan PSSI yang akan digelar Maret mendatang.

"Skorsing klub akan berlaku sampai pada Kongres (Tahunan) PSSI berikutnya. Hukuman yang dijatuhkan berupa usulan pemecatan terhadap anggota PSSI itu, dan akan diperkuat di Kongres yang akan datang," kata Direktur Legal PSSI Finantha Rudy.

Pada rapat itu, PSSI juga sebenarnya mengundang empat anggota Exco PSSI yang dipecat, yakni La Nyalla Mattalitti, Tonny Apriliani, Erwin Dwi Budiawan, dan Roberto Rouw. Namun, keempat orang itu memilih tidak datang. Pasalnya, mereka tidak setuju dengan agenda rapat yang tidak sesuai dengan isi nota kesepahaman (MoU) PSSI-KPSI yang ditandatangani 7 Juni 2012 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Di rapat itu, PSSI juga membahas masalah Tim Nasional (Timnas) Indonesia.  Tim "Merah Putih" dipastikan batal melakoni partai uji coba melawan Jordania pada 31 Januari mendatang di Amman. Namun, PSSI menyatakan masih mengusahakan partai itu tetap berlangsung dengan melobi pihak Federasi Sepakbola Jordania (JFA) untuk mengundurkan pertandingan menjadi 1 Februari.

Di lain pihak, pelatih Timnas Indonesia Nilmaizar mengatakan, akan mengganti pembatalan jadwal uji coba itu dengan menambah porsi latihan di Tanah Air, sebelum berangkat menuju Dubai pada 2 Februari 2012.

"Kami akan memaksimalkannya menjadi jadwal latihan pada Selasa (29/1) dan Rabu (30/1). Dan, pada Kamis (31/1) akan ada game internal. Untuk keberangkatan ke Dubai direncanakan Sabtu (2/2)," ujar Nil.

Secara terpisah, manajer Timnas Mesakh Manibor menyatakan, pembatalan uji coba tersebut karena pihaknya belum mendapatkan tiket penerbangan. [H-16]

Agenda Rapat Exco PSSI:
1. Pembahasan kegiatan Timnas Indonesia sesuai agenda AFF, AFC dan FIFA
2. Pembahasan pertandingan persahabatan Timnas Indonesia
3. Pembahasan program kepelatihan usia muda
4. Pembentukan tim penyempurnaan Statuta PSSI
5. Pembahasan anggaran belanja PSSI tahun 2013
6. Persiapan rapat kerja PSSI  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»