SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 21 April 2014
Pencarian Arsip

SBY Minta Situasi Keamanan di 2013 Lebih Baik
Senin, 7 Januari 2013 | 11:46

SBY pimpin rapat kabinet [antara] SBY pimpin rapat kabinet [antara]

  [BOGOR] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh jajaran pemerintahan, baik di pusat dan daerah agar memperbaiki situasi keamanan di Tanah Air. Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tahun 2013 harus lebih baik dari 2012 lalu.  
“Saya ingin tahun 2013 ini, lembaga-lembaga terkait, utamanya jajaran pemerintahan harus melaksanakan upaya-upaya yang jauh lebih efektif, upaya yang sungguh-sungguh agar tahun ini keadaan dalam negeri, utamanya dari sisi sosil dan hukum jadi lebih baik,” kata SBY saat memimpin sidang kabinet di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/1).

Hadir pada sidang kabinet tersebut, Wakil Presiden Boediono dan seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.  

SBY mengemukakan perjalanan pada 2012 menunjukkan situasi keamanan dan penegakan hukum belum maksimal. Banyak masyarakat mengeluh mengenai masalah tersebut. Pada tahun 2013 ini, ia meminta seluruh anak buahnya agar mendengar keluhan-keluhan masyarakat itu dan memperbaikinya.  

“Pada akhir tahun 2012 dan awal 2013 ini, saya mendengarkan berbagai komentar, baik di TV, radio, maupun suratkabar untuk mengetahui apa yang menjadi persepsi masyarakat luas. Masih ada kesan bahwa negara melakukan pembiaran. Masih ada penilian dari masyarakat luas ada keterlambatan dan ketidaktuntasan dalam menyelesaikan gangguan kemanaan. Saya sungguh ingin jajaran pemeritahan yang bertugas dan bertanggungjawab mengelola keadaan sosial dan hukam itu sungguh menjalankan tugasnya dengan benar, efektif, dan berhasil,” ujarnya.  

Ia menegaskan akan segera mengeluarkan intruksi khusus terkait masalah keamanan dan hukum yang harus dijalankan pada 2013 ini. Yang menjalankan dengan benar akan diberi penghargaan, sementara yang lalai akan diberi sanksi.  

“Sudah saatnya, kita berlakukan reward and punishment. Bagi yang berprestasi baik diberikan penghargaan, bagi yang lalai, jangan segan diberikan anski. Hanya dengan itu, rasa aman dan ketertiban dapat dipenuhi,” tegasnya.  

Kepala Negara meminta semua jajaran penegak hukum terutama polisi dan kejaksaan agar tidak ragu menegakan hukum dan menjaga keamanan. Yang bersalah harus ditindak tegas dan tuntas.  

“Saya garisbawahi bahwa tidak boleh ada yang ragu-ragu dalam menegakkan dan memelihara keamanan, sampai kepada petugas yang paling depan. Tidak ada dan tidak boleh ragu. Kepolisian, TNI, intelejen, ditugaskan Negara untuk itu dengan segala resiko untuk rakyat. Pastikan di seluruh Indonesia menjalankan apa yang kita harapkan ini,” tuturnya. [R-14]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN