SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 23 Juli 2014
Pencarian Arsip

SBY: Guru Jangan Sekadar Meluluskan Siswa
Selasa, 4 Desember 2012 | 14:42

Presiden SBY [google] Presiden SBY [google]

[BOGOR] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta guru sebagai pendidik untuk terus meningkatkan profesionalisme dan berorientasi pada mutu sehingga tidak hanya sekedar meluluskan siswa tanpa melihat kualitas siswa yang dihasilkan.

"Tugas dan tanggung jawab lembaga pendidikan termasuk guru dan dosen adalah menyelenggarakan sekolah sebaik-baiknya. Berorientasi pada mutu," kata Presiden saat memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional 2012 dan hari ulang tahun PGRI di Sentul, Bogor, Selasa.

Kepala negara mengatakan saat mendidik dan melakukan aktivitas belajar mengajar, guru jangan hanya sekedar memberikan materi namun harus juga bertanggung jawab menciptakan semangat belajar dan lingkungan yang kondusif untuk mendukung hal tersebut.

"Jangan sekedar selesai atau lulus," tegasnya.

Peran orang tua Tak hanya guru dan sekolah, Presiden juga menilai peran orang tua dalam memastikan pendidikan anak sangat penting.

"Ikuti dan awasi putra-putrinya, jangan dilepas begitu saja. Jangan lantas salahkan guru dan sekolah. Bangun komunikasi dengan sekolah dan para guru," tegas Presiden.

Bagi Kepala negara, pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menciptakan generasi muda bertanggung jawab atas masa depannya.

"Mereka seharusnya harapannya adalah bisa sekolah dengan baik dan serius, sehingga tidak sekedar ikut belajar saja," kata Presiden.

Sementara itu Mendikbud Muhammad Nuh dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya terus mendorong upaya untuk peningkatan kualitas guru dan meminta kepada para guru yang jumlahnya hampir mencapai tiga juta orang di seluruh Indonesia tidak bosan mengembangkan diri.

Peraturan Pemerintah tentang guru, kata Muhammad Nuh saat ini sedang memasuki fase uji publik.

"PP tentang guru sedang kami lakukan review , sekarang masuk ke dalam uji publik. Kita tidak ingin guru menjadi persoalan tetapi menjadi solusi dari masalah bangsa," tegas Mendikbud. [Ant/L-9]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»