SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 3 September 2014
Pencarian Arsip

Penerapan Kurikulum 2013 Masih Alami Kendala
Selasa, 24 September 2013 | 13:31

Ilustrasi kurikulum 2013 [google] Ilustrasi kurikulum 2013 [google]

[PALU] Meski telah berjalan dua bulan, penerapan kurikulum 2013 di beberapa sekolah percontohan di Palu, Sulawesi Tengah (Suleteng), masih mengalami kendala.

Selain karena buku pelajaran yang terbatas, kendala lainnya adalah belum siapnya seluruh guru dalam menerapkan kurikulum baru. Kepala SMA Negeri 2 Palu, Syarifudin mengatakan sebagian guru masih kesulitan mencari buku untuk digunakan pada kurikulum 2013. Itu karena mereka hanya mengandalkan silabus yang diberikan pemerintah. Sedangkan belum semua buku pelajaran mereka terima.

“Secara jujur kami mengatakan penerapan kurikulum ini masih banyak mengalami kendala. Terutama pemahaman guru tentang konten kurikulum ini. Hal itu karena pada kurikulum ini metode pembelajarannya agak berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yang mengharuskan siswa untuk berfikir kritis dalam menanggapi pelajaran. Fugsi guru di kurikulum ini hanya sebagai fasilitator,” ujar Syarifudin, Senin (23/9).

Sekolah yang dipimpin Syarifudin menjadi koordinator bagi tujuh sekolah tingkat SMA/sederajat di Sulteng yang menjadi percontohan penerapan kurikulum 2013.

Diakui, selama penerapan kurikulum 2013, pelatihan yang dilaksanakan pemerintah baru meliputi tiga mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa Indonesia dan sejarah.

Sedangkan pelatihan untuk mata pelajaran lainnya belum dilaksanakan. “Pelatihan itu memang sangat besar manfaatnya bagi guru untuk penyamaan persepsi dalam penerapan kurikulum 2013,” jelasnya.

Sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahap awal seharusnya lebih siap karena bagaimanapun nantinya sekolah itu akan menjadi tolok ukur bagi sekolah lain. [JDL/N-6]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»