SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 22 September 2014
Pencarian Arsip

Pemerintah Tetapkan 19 Hari Libur di Tahun 2012
Rabu, 13 Juli 2011 | 10:57

Kalender 2012 [google] Kalender 2012 [google]

[JAKARTA] Pemerintah menetapkan hari libur nasional tahun 2012 sebanyak 14 hari, terdiri dari 13 hari besar keagamaan dan 1 hari Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, juga ditetapkan 5 hari sebagai cuti bersama, yakni Kenaikan Yesus Kristus (18 Mei), Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah (21-22 Agustus), Tahun Baru 1434 Hijriyah (16 November) dan Hari Raya Natal (24 Desember). Dengan demikian hari libur pada tahun 2012 adalah 19 hari.  

Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Menteri Negara Pemberdayaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang ditandatangani di Kantor Kemko Kesra, Jakarta, Rabu (13/7).  

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, cuti bersama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pegawai maupun pekerja formal di sektor swasta pada saat hari kerja. Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Tanah Air. 

 “Kita tidak menggunakan hari kejepit tetapi hari-hari tersebut pada umumnya adalah di antara hari libur, sehingga agar lebih efektif digunakan sebagai cuti bersama. Diharapkan hari libur ini dioptimalkan agar hari kerja lebih efektif dan juga optimal. Secara keseluruhan meningkatkan kinerja bangsa kita,” ujar Agung.  

Menpan EE Mangindaan menjelaskan, berdasarkan laporan dari berbagai instansi pemerintah, cuti bersama lebih meningkatkan kerja dan disiplin lebih baik. Ia menegaskan, bagi PNS yang melanggar aturan dengan mengambil cuti lebih dari yang ditetapkan akan ditindak tegas berdasarkan PP No 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sanksinya mulai dari peringatan hingga penurunan pangkat. 

 “Laporan yang sampai ke Menpan apabila sudah melanggar PP No 53/2010, misalnya secara terus-menerus melakukan pelanggaran berat. Badan Pertimbangan Kepegawaian sudah memberikan laporan masuk ke kita dengan berbagai macam kasus, ada yang lebih dari 1 minggu, dan kami telah memberikan sanksi,” katanya. [D-13]    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»