SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 23 September 2014
Pencarian Arsip

Menara Masjid Agung di Asahan Ambruk
Selasa, 14 Mei 2013 | 5:56

Menara masjid di Asahan yang ambruk. [Google] Menara masjid di Asahan yang ambruk. [Google]

[ASAHAN] Dua orang tewas dan empat luka parah akibat ambruknya menara Masjid Agung yang sedang dibangun di Komplek Islamic Center Jl Sudirman kawasan Kisaran, Kabupaten Asahan, sekitar 680 kilometer dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (13/5).  

Kedua korban yang tewas itu adalah Juliono (25) dan Ahmad Khairulloh (24).  Keduanya warga Desa Kampung Pon, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai. Dua korban yang kritis adalah warga Pati, Jawa Tengah (Jateng), yakni, Suharyadi (45) dan Caplin (18).  

Kemudian, Gojel (18) dan Lestari (16) juga warga Desa Pon. Keempat korban yang mengalami luka itu dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manan Simatupang. Sampai semalam, empat korban tersebut masih menjalani perawatan.  

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Asahan, AKP Fahrizal mengatakan, kasus ambruknya menara Masjid Agung menewaskan dua pekerja dan melukai empat orang lainnya, masih dalam penyelidikan. Polisi masih mengambil keterangan sejumlah saksi.  

"Ini masih dalam penyelidikan. Laporan hasil penyelidikan nanti akan disampaikan," katanya.

Fahrizal pun tidak dapat menyimpulkan indikasi penyimpangan dari pembangunan rumah ibadah oleh pemborong maupun kontraktor pembangunan, dengan daya tampung mencapai 9.000 jamaah tersebut.  

Berdasarkan data yang diperoleh SP, pembangunan Masjid Agung di Asahan tersebut, diawali peletakan batu pertama oleh Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, 19 Mei 2011.

Anggaran dana dari pembangunan masjid itu diperkirakan menelan biaya mencapai Rp 40 miliar. Pembangunan masjid itu berada di atas lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PT Bakrie Sumatera Plantation (BSP).

Pembangunan ini juga ditopang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Asahan. Banyak donatur yang turut membantu pembangunan masjid tersebut. [155]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»