SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 17 April 2014
Pencarian Arsip

Pilgub Jatim

LSI: Karsa Menang Satu Putaran
Minggu, 25 Agustus 2013 | 22:21

Pasangan incumbent KarSa di Pilgub Jatim [google] Pasangan incumbent KarSa di Pilgub Jatim [google]

[SURABAYA] Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menilai, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) menang satu putaran dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2013.

"Survei kami lakukan di tengah masa kampanye, antara 13-19 Agustus. Pasangan nomor urut 1 menempati posisi teratas dengan perolehan angka cukup telak, yakni 49,8 persen suara," ujar Direktur Riset LSI, Arman Salam, di sela publikasi di Surabaya, Minggu (25/8).

Sedangkan berada di posisi kedua yakni pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja yang hanya memperoleh 12,5 persen suara. Dengan demikian, kata dia, Pilkada diperkirakan tidak berlangsung lebih dari sekali.

Sementara itu, pasangan Bambang DH-Said Abdullah berada di urutan ketiga dengan 3,2 persen suara dan pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat dengan raihan 0,7 persen suara di posisi paling terakhir.

"Hasil lain, yang merahasiakan pilihannya sebesar 4,1 persen, dan 'swing voters' berada di angka 29,8 persen. Dalam survei ini tingkat kesalahahan (margin error) berada di kisaran 4,8 persen," katanya.

Arman mengungkapkan, survei ini dilakukan menggunakan metode "multistage random sampling" dengan total responden mencapai 440 orang. Caranya melakuan tatap muka beserta kuesioner.

Ia juga menjelaskan, hasil riset ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari perkiraan banyak orang. Tanpa pengawalan partai politik dan dengan kekuatan finansial yang tak terlalu kuat maka pasangan Eggi-Sihat boleh dibilang sulit untuk mengimbangi tiga pasangan calon lainnya.

"Sehingga dengan persaingan tiga calon saja, secara matematis tidak mungkin ada dua putaran. Karena syarat berlangsungnya dua putaran adalah tidak ada pasangan calon yang meraih lebih dari 30 persen suara," kata dia.

Apalagi, lanjut dia, seratus persen dibagi tiga saja adalah 33,3 persen. Dengan begitu, secara logis tidak akan sulit bagi salah satu pasangan calon untuk meraih suara di atas 30 persen.

Ada hal menarik dalam paparan tersebut, yang mana sentimen perempuan ternyata masih kuat memilih Karsa. Pasangan petahana tersebut mendapat dukungan dari 45,5 persen suara. Malah satu-satunya calon perempuan, Khofifah hanya meraih 11,8 persen saja.

Tidak itu saja, keunggulan pasangan yang didukung hampir mayoritas semua partai politik ini juga terjadi di seluruh kriteria distribusi pemilih. Mulai dari kalangan anak muda hingga bahkan kalangan orang tua.

"Pasangan ini juga unggul di semua wilayah. Kami sendiri membagi wilayah di Jatim berdasarkan daerah pemilihan," kata Arman.

Faktor utama masih unggulny Karsa, Kata dia, yakni kekuatan finansial dan mesin politik kuat, serta termasuk pasangan gubernur-wagub yang tetap rukun dan kompak.

"Bahkan, 59,8 responden sepakat keduanya kembali maju dalam Pilkada yang digelar 29 Agustus 2013," katanya. [Ant/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN