SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 23 September 2014
Pencarian Arsip

Ibu Hamil Tertular HIV/AIDS Asal Rangkasbitung Dirujuk ke RSUD Serang
Kamis, 11 April 2013 | 7:42

Ilustrasi ibu hamil. [google] Ilustrasi ibu hamil. [google]

[LEBAK] Seorang ibu hamil asal Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang dinyatakan tertular HIV/AIDS dirujuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serang.  
 
Hal ini dilakukan bertujuan agar proses melahirkan ibu hamil tersebut ditangani langsung oleh tim medis yang terlatih dalam penanganan ibu hamil pengidap HIV/AIDS di RSUD Serang. Saat ini, usia kehamilan sudah sembialn bulan.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, Sri Agustina mengatakan, rujukan untuk seorang bumil asal Lebak ke RSUD Serang, karena di RSUD Dr Adjidarmo, Rangkasbitung, tidak memiliki tim medis yang terlatih menangani proses persalinan ibu hamil dengan HIV/AIDS.

“Ibu hamil asal Lebak tersebut, kini sudah berada di RSUD Serang. Yang mendampingi ibu hamil tersebut ke RSUD Serang adalah tim medis dari Dinas Kesehatan Lebak,” ujar Sri di Lebak, Rabu (10/4).

Sri Agustina menjelaskan, dari 124 penderita HIV/AIDS di Lebak, hanya tiga di antaranya penderita HIV/AIDS yang dalam kondisi hamil. Dari tiga bumil tersebut, satu orang di antaranya muncul pada 2010, dengan kondisi bayi yang dilahirkan negatif HIV/AIDS.  
 
Kasus kedua, lanjut Sri, terjadi pada 2011, dengan kondisi bayi positif tertular HIV/AIDS. “Bumil dengan HIV/AIDS pada 2010, mampu ditangani tim medis terlatih dari RSUD Serang, sehingga balitanya negatif tertular HIV/AIDS. Sedangkan bumil yang muncul pada 2011, ditangani paraji atau dukun beranak dengan kondisi bayi yang dilahirkan positif tertular HIV/AIDS,” jelasnya. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»