SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 26 Juli 2014
Pencarian Arsip

Digugat Ke MK, KPU NTT Siapkan Materi Sidang
Kamis, 4 April 2013 | 8:50

Johanes Depa. [Yos Kelen] Johanes Depa. [Yos Kelen]

[KUPANG] Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah menyiapkan materi dan menetapkan kuasa hukum menghadapi gugatan pasangan  calon gubernur dan wakil gubernur NTT 2013 yang diusung Partai Golkar, Ibrahim Agustinus Medah - Emanuel Melkiades Laka Lena atau paket Tunas di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sudah melakukan  rapat untuk menentukan kuasa hukum KPU NTT untuk menghadapi gugatan paket Tunas di MK di Jakarta,” kata Ketua KPU NTT, Johanes Depa, Kamis (4/4).  

Menurut Johanes Depa, pada prinsipnya KPU NTT menghormati gugatan paket Tunas, karena itu merupakan hak politik. Sebagai penyelenggara pemilu gubernur (Pilgub  yang sah, KPU NTT sudah pasti meladeninya.

Sehingga sengketa pilgub itu bisa diselesaikan sesuai prosedur hukum yang berlaku di Indonesia. Berkaitan dengan gugatan paket Tunas, lanjutnya, ada tiga aspek yang akan dilaksanakan yakni menyiapkan kuasa hukum, segera mempelajari materi gugatan, dan berkoordinasi dengan KPU kabupaten yang menjadi sasaran gugatan paket Tunas tersebut.  

Ia mengatakan, koordinasi dilakukan di tiga kabupaten yakni Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Lembata, dan kabupaten Sikka yang menjadi dasar gugatan Tunas.

“Kami segera turun ke tiga kabupaten ini untuk menyiapkan semua materi yang berkaitan dengan gugatan paket Tunas itu,” kata Johanes Depa.  

Sebelumnya, paket Tunas melalui kuasa hukumnya, telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konsititusi terkait Pilkada Gubenur NTT periode 2013-2018, karena diduga telah terjadi kecurangan suara pilgub NTT pada tanggal 18 Maret 2013 lalu. [Yos/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»