SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 17 April 2014
Pencarian Arsip

Awas!! Sebanyak 2,25 Juta Pohon di Jakarta Rawan Tumbang
Rabu, 25 Januari 2012 | 12:05



[JAKARTA] Sebanyak 2,25 juta dari 4,5 juta pohon yang ada di Jakarta rawan tumbang. Hal itu terjadi akibat minimnya perhatian Pemprov DKI dalam menangani pohon rawan tumbang.

Bahkan, dari 2,25 juta pohon rawan tumbang itu, hanya sebanyak 89.000 pohon yang terdata Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Pohon rawan tumbang itu merupakan pohon yang telah berusia di atas 50 tahun.

"Pemprov DKI Jakarta harus segera membuat peta pohon rawan tumbang, untuk menghindari tingginya angka kematian tertimpa pohon. Peta itu sebagai acuan masyarakat agar kawasan pohon rawan tumbang bisa dihindari," ujar pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Jakarta, Nirwono Joga kepada SP di Jakarta, Rabu (25/1) siang.

Nirwono mengatakan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta harus bertanggung jawab terhadap korban meninggal tertimpa pohon. Pemberian santunan sebesar Rp 10 juta tidak sepadan karena pohon tumbang akibat kelalaian pemerintah daerah.

"Memberikan santunan kepada korban meninggal hanya bersifat reaktif. Saya kira Dinas Pertamanan dan Pemakaman bisa mengantisipasi pohon tumbang sebelum ada korban jiwa," tuturnya.

Akibat hujan deras pada Rabu sekitar 10.00 WIB, pohon tumbang terjadi di Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Akibatnya, satu unit bajaj ringsek dan menewaskan pengemudinya. Selain itu, empat mobil yang melintas di kawasan itu juga ringsek. [H-14]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN