SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 April 2014
Pencarian Arsip

Pemilu Presiden Prancis, Hollande Unggul Sementara
Senin, 23 April 2012 | 6:56

Francois Hollande berbicara kepada media setelah memberikan suaranya. [AFP] Francois Hollande berbicara kepada media setelah memberikan suaranya. [AFP]

[PARIS] Calon sosialis dalam pemilihan presiden di Perancis, Francois Hollande, telah mengalahkan Presiden Nicolas Sarkozy dalam putaran pertama. Ini akan sangat membantu kampanyenya menjelang putaran kedua pilpres.

Sementara penghitungan suara masih berlangsung, Francois Hollande meraih 28 persen suara, Nicolas Sarkozy 26 persen.

Tapi para analis mengatakan, perbedaan suara pada putaran kedua nanti mungkin akan jauh lebih besar.

Yang mengejutkan adalah banyaknya perolehan calon Front Nasional berhaluan ultra kanan, Marine Le Pen, yang memperoleh sekitar 20 persen suara, cukup untuk membuat kedua calon lainnya khawatir.

Presiden Sarkozy mengatakan, ia ingin tiga perdebatan televisi dengan Francois Hollande sebelum putaran kedua tanggal 6 Mei. Tidak jelas apakah Hollande akan menerima. Sebelumnya, Presiden Nicolas Sarkozy memperingatkan, kemenangan calon sosialis akan menimbulkan krisis eonomi.

Francois Holland berjanji akan mempromosikan pertumbuhan tanpa harus menerapkan langkah penghematan dan menaikkan pajak bagi golongan kaya. Sarkozy adalah satu-satunya presiden incumbent yang kalah pada putaran pertama pilpres dalam sejarah Perancis modern. [ABC/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN