SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 20 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Atasi Kegemukan

Garpu Akan Getar Kalau Makan Terlalu Cepat
Minggu, 21 April 2013 | 10:14

Garpu HAPIfork akan bergetar jika Anda makan terlalu cepat.[DW] Garpu HAPIfork akan bergetar jika Anda makan terlalu cepat.[DW]

Makan terlalu cepat berdampak pada kegemukan. Penemu asal Prancis mengembangkan gadget baru untuk memerangi obesitas dan masalah pencernaan. Garpu akan bergetar jika Anda makan terlalu cepat.

Nama garpu itu HAPIfork. Garpu ini wujudnya seperti sikat gigi elektronik dan dirancang untuk bergetar di dalam mulut jika sang pemakai menggerakkannya terlalu cepat.

Asupan kalori bisa dipantau lewat software yang diunggah ke komputer atau laptop melalui Bluetooth lewat kabel USB. Hasil analisa cara makan akan ditampilkan dalam bentuk grafik jumlah suapan di setiap waktu makan.

Selain itu, gadget ini bisa dicuci lewat mesin cuci piring dan memiliki lampu LED untuk memperingatkan pemakai.

Berdasarkan teori yang didukung oleh hasil penelitian yang terus bertambah banyak, semakin pelan kita makan dan sadar akan apa yang kita asupkan ke dalam mulut, hal itu akan menimbulkan efek yang lebih baik bagi sistem pencernaan, pengendalian berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Kepada situs Mashable.com, penemu HAPIfork Jacques Lepine bercerita ia termotivasi setelah mengalami insiden yang mengkhawatirkannya saat ia baru berusia 30-an.

Saat itu, ia mengira mengalami serangan jantung. Di rumah sakit, dokter mengatakan apa yang dirasakannya adalah refluks asam (naiknya asam lambung ke kerongkongan, Red) karena makan terlalu cepat.

Tubuh manusia tidak memiliki kemampuan untuk mencerna makanan dalam jumlah yang terlalu besar. Di sisi lain, otak tak manusia juga tidak bisa segera mengirimkan sinyal rasa kenyang.

Menurut salah satu penelitian, mereka yang selesai makan dalam waktu 9 menit terbukti memiliki asupan 67 kalori lebih banyak, dibanding yang waktu makannya 29 menit. Jika ditotal, ini berarti sekitar 1.400 kalori per minggu atau kenaikan berat badan sekitar 0,5 kilogram per minggu.

Makan secara cepat juga mengurangi produktivitas otak. Selain itu, kadar gula darah bertambah pesat dan bisa menyebabkan diabetes.

Dengan makan secara perlahan, kadar gula di aliran darah akan diseimbangkan. HAPIfork memenangkan penghargaan inovasi pada pameran elektronik Consumer Electronics Show 2013 di Las Vegas.

Garpu ini akan dijual seharga US$ 99 atau sekitar Rp 1 juta.  [AFP/AP/DW/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»