SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 30 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Undana Segera Buka Fakultas Baru
Jumat, 11 Februari 2011 | 8:03

Rektor Universitas Undana Kupang Fran Umbu Datta (kanan) bersama Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan Primus Dorimulu (kiri). (Foto: SP/Adhi Malehere) Rektor Universitas Undana Kupang Fran Umbu Datta (kanan) bersama Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan Primus Dorimulu (kiri). (Foto: SP/Adhi Malehere)

[KUPANG] Universitas Nusa Cendana Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), segera membuka dua fakultas baru, yakni Fakultas Kedoktean Hewan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan demikian, Undana akan memiliki 10 Fakultas, termasuk Fakultas Kedokteran yang tahun ini melakukan wisuda perdana 50 orang sarjana kesehatan (SKes).

Demikian dikemukakan Rektor Undana Frans Umbu Datta dalam pertemuan silaturahmi dengan Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan Primus Dorimulu dan Wakil Pempimpin Redaksi Petrus Christian Mboeik di ruang kerjanya di Kupang, Kamis (10/2) siang. Pertemuan itu dihadiri Pembantu Rektor (PR) I   David BW Pandie, PR II Roy Nendisa, PR III MJ Kapa, PR IV FH Lawalu dan Kepala Humas Undana David Sir.

Dikatakan, untuk membuka fakultas baru tersebut, Undana menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama lainnya. Seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Dengan demikian, Undana dengan spesialisasi pendidikan tinggi berbasis pertanian lahan kering,  siap menerima calon mahasiswa dari berbagai pelosok tanah air maupun dari luar negeri.

Penerimaan Mahasiswa Baru, jelasnya, dilakukan secara online yang memberi peluang bagi lulusan SLTA di seluruh pelosok tanah air untuk diterima sebagai mahasiswa di PTN di seluruh Indonesia, termasuk Undana. Ini berarti, calon mahasiswa harus menguasasi ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama pengusasaan internet. Sudah diterima sejumlah permintaan dari Takengon, Nagroe Aceh Darrussalam dan SMK Unggulan yang dibiayai PT Pusri, Sumatera Selatan. Saat ini, sekitar 15 persen dari total mahasiswa Undana berasal dari luar NTT.

Mulai 2011, tambah Umbu Datta, Undana mewajibkan seluruh orang tua mahasiswa baru untuk membuka rekening pada bank yang dipilih Undana. Tujuannya, agar pengiriman uang untuk anaknya dapat terkontrol penggunaannya dengan baik. Bank dapat memindahbukukan dana dari rekening orang tua ke rekening anaknya saat registrasi ulang dan ketika penutupan registrasi, bank langsung memindahbukukan rekening mahasiswa ke rekening universitas.

Ketentuan ini ditetapkan berdasarkan pengalaman, ketika ada orang tua mahasiswa yang menanyakan langsung ke rektor, kapan anaknya diwisuda karena sudah  kuliah selama tujuh tahun lebih. Saat diteliti, ternyata, mahasiswa tersebut belum juga menyelesaikan proposal penelitian untuk penyusunan skripsinya.

Dalam waktu dekat, Undana bekerja sama dengan Harian Umum Suara Pembaruan akan melaksakan Seminar Nasional yang membahas masalah Lahan Kering, Penambangan Mangan, Hukum Kepemilikan Tanah. [YOS/ 120]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»