SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 15 September 2014
Pencarian Arsip

Susno Duadji Bantah Keterangan Ahli
Kamis, 13 Januari 2011 | 17:16

Mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol Susno Duaji Mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol Susno Duaji

[JAKARTA] Terdakwa kasus pemotongan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat tahun 2008 Susno Duadji membantah keterangan saksi ahli Iza Fadri yang menyatakan bahwa secara yuridis Kabareskrim tidak bisa memerintahkan penyidik.

Menurut Susno, tidak benar jika kanit dan direktur adalah atasan penyidik. Sedangkan, Kabareskrim bukanlah atasan penyidik. Sebab, Kabareskrim adalah penyidik tertinggi.

Dalam sidang di PN Jakarta Selatan Kamis (13/1), Iza Fadri mengatakan bahwa seharusnya manajerial memanggil penyidik atau atasannya atau melalui gelar perkara. Karena itu Kabareskrim tidak berhak memerintahkan langsung penyidik.

"Sebagai contoh, saya Kapolres, jika ada kasus kemudian ditanyakan pada saya dan saya langsung memerintahkan pada penyidik tanpa melalui atasan penyidik itu sudah intervensi. Saya sebagai kapolres hanya boleh melakukan tindakan jika penyidiknya salah dan langsung saya ganti penyidiknya," kata Iza, Kamis (13/1).

Dalam kasus penanganan PT Salma Arowana Lestari (SAL), Susno diduga langsung memerintahkan penyidik untuk tahan, tangkap, sita dan diberi garis polisi atau police line. [NOV/A-21]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»