SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 16 April 2014
Pencarian Arsip

SNMPTN Undana Terima 3.530 Mahasiswa
Jumat, 11 Januari 2013 | 11:24

Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, Prof, Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.Ph.D [yos kellen]
Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, Prof, Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.Ph.D [yos kellen]

[KUPANG] Penerimaan mahasiswa baru atau Seleksi Nasional  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang tahun akademik 2013 akan menerima sebanyak 3.530 mahasiswa melalui dua jalur. Jalur pertama adalah SNMPTN sebanyak 2.118 mahasiswa dan jalur mandiri sebanyak 1.412 mahasiswa termasuk calon mahasiswa dari luar Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal tersebut disampaikan Rektor Undana, Frans Umbu Datta, kepada SP  di Kupang, Jumat (11/1).  

Undana merupakan perguruan tinggi negeri satu-satunya di NTT, sehingga calon mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi ini akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelunya. Namun sesuai ketentuan dari Dirjen pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan RI, telah menetapkan SNMPTN 60 persen dan mandiri 40 persen.  

Rektor Undana, Frans Umbu Datta, menjelaskan, Dengan ketentuan itu,  pemerintah daerah harus membantu masyarakat NTT yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri itu sebanyak-banyaknya sebab masih dibilang biaya pendidikan bisa dijangkau oleh masyarakat golongan bawah hingga menengah, jelas Frans Umbu Datta.  

Frans Umbu Datta, meminta, dukungan dari para bupati dan wali kota se-NTT untuk melakukan koordinasi dengan semua kepala sekolah baik  SMA, SMK,MA dan MAK,  yang berada di wilayah ini untuk mengikuti seleksi melalui sekolah-sekolah melalui website; http://www.snmptn.ac.id . selama ini penerimaan mahasiswa melalui website sangat kecil jumlahnya dibandingkan jalur mandiri.  

Rektor Undana, Frans Umbu Datta, Mengharapkan kepada masyarakat NTT, sebab saat ini banyak Yayasan yang  membuka perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah NTT, tetapi dalam mengikuti pendidikan di PTS itu sangat baik. Namun masyarakat harus mengetahui PTS tersebut  sudah mengantongi  ijin studi secara resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Kurang lebih 49 Perguruan Tinggi  Swasta di NTT, sebagian besarnya belum melakukan memorandum of understading (MOU) dengan perguruan tinggi negeri seperti Univesitas Nusa Cendana di NTT. Pada hal ketentuan itu harus dilakukan oleh semua PTS  yang ada di wilayah itu,” jelas Frans Umbu Datta. 

“Jikalau semakin banyak perguruan tinggi (PT) di NTT, maka pendidikan di wilayah ini semakin baik. Namun syarat-syarat dan ketentuan itu harus dilaksanakan dengan baik sehingga tidak merugikan masyarakat NTT di kemudian hari,” kata Frans Umbu Datta.  
Frans Umbu Datta, menambahkan, Untuk Universitas Nusa Cendana Kupang, kini mempunyai daya tampung sesuai program studi sebanyak Sembilan Fakultas untuk sarjana /S1 antara lain, FKIP, Hukum, Fisip, Faperta, Fapet, FKH, FKM, FST dan Falkutas Kedokteran itu akan kesulitan menampung calon mahasiswa di PTN itu. sebab setiap tahun animo masyarakat sangat tinggi pada jalur mandiri.   Pada hal di jalur undangan membutuhkan mahasiswa sangat banyak.

“Sekali lagi saya menghimbau renspon masyarakat dan pemerintah daerah NTT untuk berkoordinasi dengan semua kepala sekolah SMA/SMK/MA dan MAK membantu siswa atau calon mahasiswa untuk mendaftar melalui website PTN karena Kepala sekolah, pemerintah daerah dan masyarakat  wajib hukumnya mengsukseskan pendidikan di NTT,” tambah Frans Umbu Datta.  (Yos).    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN