SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 24 Juli 2014
Pencarian Arsip

SBY: Pastikan Pilkada DKI Berjalan Aman
Selasa, 18 September 2012 | 15:18

Presiden SBY [google] Presiden SBY [google]

[JAKARTA] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan aparat keamanan untuk bekerja secara serius dalam upaya pengawalan dan pengamanan Pilkada DKI. Pasalnya, dari beberapa pelaksanaan Pilkada baik di Jawa maupun di luar Jawa seringkali ada ekses yang tidak diinginkan hingga menimbulkan dampak yang tidak bagus, antara lain pengrusakan dan kekerasan.

”Satu hal saya mengikuti bahwa kompetisi sangat keras dan ketat. Oleh karena itu mari kita pastikan dalam proses pemilihan itu, pada saat, sebelum dan setelah, keamanan Jakarta tetap terjaga,” tegasnya dalam pembukaan Sidang Kabinet Paripurna bidang Polhukam, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/9).

Presiden SBY menegaskan pula bahwa pasangan gubernur dan wakil gubernur serta tim sukses masing-masing harus bertanggung jawab dan menjaga komitmennya dalam menjaga keamanan di Jakarta yang tak lain menjadi barometer negara ini. ”Itu yang harus dilaksanakan dengan baik, dengan demikian demokrasi kita makin hidup dan matang dan kemudian penggunaan kebebasan itu tidak merusak sendi-sendi kehidupan bangsa yang harus terjaga stabilitasnya, termasuk keamanan dan ketentramanannya,” pesannya.

Di sisi lain, Presiden SBY juga memberikan atensinya pada Pilkada DKI Jakarta yang akan berlangsung Kamis, 20 September esok.  Pemerintah pun berjanji tidak akan masuk dalam wilayah politik praktis dan lebih menyerahkannya ke tangan penduduk DKI untuk memilih pemimpin yang dianggap tepat secara demokratis dan adil dalam memilih gubernur dan wakilnya.

Di tempat yang sama Kapolri Timur Pradopo mengatakan, ada beberapa langkah-langkah yang patut dijaga bila ingin Pilkada berlangsung aman dan lancar, antara lain komitmen pasangan calon, tim sukses, dan juga pendukungnya. ”Semua tentunya sudah melalui komitmen pasangan calon, kemudian pendukung, tim sukses, saya kira itu langkah-langkah yang terus kita jaga bersama,” ucapnya. [O-2]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»