SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 April 2014
Pencarian Arsip

Puncak Arus Mudik Diperkirakan H-2 Lebaran
Kamis, 2 Agustus 2012 | 12:29

Ilustrasi jalur mudik [antara] Ilustrasi jalur mudik [antara]

[BANDUNG]  Kepolisian Daerah dan Dinas Perhubungan Jawa Barat (Jabar) memprediksi puncak arus mudik angkutan darat Lebaran kali ini terjadi mulai Jumat sore, 17 Agustus atau dua hari sebelum hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah.  

“Kemungkinan puncaknya tanggal 17 Agustus selepas pegawai negeri sipil upacara. Kemungkinan sorenya sudah mulai berjalan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Pol Bimo Anggoro Seno di Bandung.  

Untuk mengurai kepadatan di sekitar pintu tol Cikopo, Bimo sudah mengimbau anggota Organda (Organisasi Pengusaha Angkutan Darat) agar bus antar kota antar provinsi  (AKAP) yang menuju jalur pantai utara agar keluar dari tol Cikampek lewat gerbang Dawuan.  

Dari sana bus akan diarahkan ke pintu tol Plumbon untuk melintas di tol Kanci Cirebon sebelum menuju ke daerah Brebes, Jawa Tengah. “Semua bus AKAP saya sarankan keluar di Dawuan agar tidak terjadi penumpukan di Jomin,” ungkap Bimo.  

Untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor dari arah DKI Jakarta, Bimo mengatakan, akan diarahkan ke Karawang untuk menuju ke Ciasem, Subang. Dari sana mereka diarahkan ke Pegaden-Pamanukan-Losarang-Indramayu-Cirebon-Losari.  

Tidak jauh berbeda rencana kepolisian, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dicky Saromi, memperkirakan puncak arus mudik pengguna pelayanan kereta api juga terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran.  

Sementara perkiraan puncak arus mudik pengguna angkutan sungai dan penyeberangan akan jatuh pada hari Lebaran pertama dan kedua. “Kebanyakan dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin berwisata,” ujar Dicky.  

Terkait pemudik yang menggunakan pesawat terbang, Dicky memperkirakan, puncak arus mudiknya bakal terjadi sehari sebelum Lebaran. “Karena banyak penerbangan yang juga langsung dari Bandara Husein Sastranegara,” imbuhnya.  

Dicky mengatakan, pertumbuhan pemudik yang menggunakan pesawat udara akan mencapai 92,8 %. Jika tahun 2011, pemudik yang menggunakan pesawat udara mencapai 25.812 orang maka tahun 2012 diperkirakan mencapai 49.776 orang.  

Dinas Perhubungan Jabar sudah menyiapkan 6.605 unit bus AKAP, 31 kereta api, serta 25 pesawat siap melayani kebutuhan armada angkutan Lebaran. [153]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN