SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 24 Juli 2014
Pencarian Arsip

PM Mesir Minta Rakyatnya Tenang
Senin, 10 Oktober 2011 | 17:24

Situasi di Kairo pada bentrokan antara pengunjuk rasa dari kelompok Kristen Koptik dengan aparat keamanan pada Minggu kemarin. (Foto: BBC) Situasi di Kairo pada bentrokan antara pengunjuk rasa dari kelompok Kristen Koptik dengan aparat keamanan pada Minggu kemarin. (Foto: BBC)

[KAIRO] Perdana Menteri Mesir Essam Sharaf meminta rakyatnya untuk tenang setelah terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dari kelompok Kristen Koptik dengan aparat keamanan yang menewaskan 24 orang. Bentrokan itu pecah setelah terjadi aksi protes di Kairo atas penyerangan sebuah gereja di Provinsi Aswan akhir pekan lalu.

Beberapa orang Muslim juga bergabung dengan umat Kristen Koptik dalam unjuk rasa tersebut. Mereka memprotes penguasa militer. Sementara pengunjuk rasa lainnya meminta pemerintah untuk menciptakan stabilitas di negara itu.

Wartawan BBC di Kairo, Ylande Knell menatakan, ada tekanan terhadap para menteri dan penguasa militer agar memberi jaminan persatuan nasional di negeri Firaun itu.

PM Mesir Essam Sharaf langsung turun ke lokasi kejadian bentrokan antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan itu. Sementara dalam pidato televisnya, dia menegaskan, "Ancaman paling serius bagi keamanan negara adalah persatuan nasional dan konflik antara Kirsten dan Muslim yang juga putra putri Mesir sendiri."

Dia menambahkan, bentrokan yang terjadi kemarin itu adalah yang terburuk sejak  Hosni Mubarak turun dari tahta kepresidenan.

Konflik sektarian di Mesir meningkat pada beberapa bulan terakhir. Kristen Koptik di Mesir berjumlah 10 persen dari total jumlah penduduk Mesir. Kelompok Kristen Koptik menuduh pemerintah tidak serius mengatasi kelompok radikal yang anti Kristen di negara tersebut. [BBC/A-21]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»