SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 15 September 2014
Pencarian Arsip

Pilgub NTT dan Pilkada Sikka Serempak
Jumat, 20 April 2012 | 14:44



[KUPANG]  Pelaksanaan Pilkada gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) serta Pilkada Sikka periode 2013-2018 akan dilaksanakan serempak pada 2013. Hal itu ditegaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT Johanes Depa di Kupang, Jumat (20/4).

Ia menjelaskan, pelaksanaan serempak Pilgub NTT dan Pilkada Sikka di Pulau Flores itu mengacu pada UU No 12 Tahun 2008 hasil revisi UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Dalam Pasal 235 Ayat (2) UU tersebut mengamanatkan agar pemilu kepala daerah yang berlangsung dalam waktu berdekatan agar digabung demi penghematan anggaran negara.

Artinya, kata Depa, pada saat pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Sikka, rakyat Kabupaten Sikka selain memilih bupati dan wakil bupati Sikka untuk periode 2013-2018, juga langsung memilih gubernur dan wakil gubernur NTT untuk masa bhakti yang sama.

"Kami (KPU NTT) sudah tiga hari melakukan rapat koordinasi dengan KPU Sikka untuk membahas hal-hal yang terkait dengan penetapan jadwal dan tahapan-tahapan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut," ujarnya.

Untuk anggaran Pilgub NTT, kata Depa, KPU NTT telah mengusulkan anggaran sekitar Rp150 miliar. "Dana sebesar itu untuk membiayai seluruh komponen pemilihan gubernur dan wakilnya dalam dua putaran. Pemungutan suara putaran pertama pada Maret 2013," katanya.

Ia mengatakan, dana Rp150 miliar itu sudah termasuk persiapan pelaksanaan pemilu dua putaran, juga antisipasi putaran ketiga kalau Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan untuk dilakukan pemilihan ulang, jika pelaksanaannya bermasalah. [Ant/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»