SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 April 2014
Pencarian Arsip

Penerapan e-KTP di Tangerang Terkendala Peralatan
Kamis, 22 September 2011 | 8:51

Ilustrasi e-KTP. [Istimewa] Ilustrasi e-KTP. [Istimewa]

[TANGERANGN] Penerapan elektronik KTP (e-KTP) di Kota Tangerang terkendala jumlah peralatan yang tersedia. Peralatan yang ada tidak sesuai dengan jumlah penduduk sehingga dikhawatirkan pencapaian target yang ditentukan Kementrian Dalam Negeri terkait e KTP ini tidak dapat terpenuhi.

“Saya rasa cukup sulit mencapai target karena peralatannya terbatas,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang,  Rina Hernaningsih kepada wartawan Rabu (21/9).

Menurutnya, pihaknya mentargetkan dalam 100 hari bisa melayani sekitar satu juta penduduk yang wajib memiliki KTP. Tapi karena peralatannya terbatas, target ini dirasakannya sulit tercapai.

Saat ini kata Rina, dari 1,8 juta warga Kota Tangerang, yang wajib memiliki KTP ada sekitar 1.081.296 orang. Sementara peralatan e-KTP yang dikirim dari Kemendagri baru 26 unit, yang disebar ke 13 kantor kecamatan di Kota Tangerang. Sedangkan alat yang akan ditambah 68 unit belum sampai. "Untuk yang 26 unit berstatus hibah, sedangkan yang 68 unit tambahan sifatnya pinjaman. Tapi sampai sekarang belum dikirim," ucap Rina.

Karena itu, kata Rina, pihaknya tidak berani memasang target berapa lama semua warga Kota Tangerang bisa terlayani e-KTP. "Idealnya ada sekitar 94 unit peralatan pembuat e-KTP, sehingga untuk kecamatan yang penduduknya padat ada lima unit atau bahkan lebih. Seperti di Kecamatan Karawaci, sekarang cuma dua unit harusnya ditambah menjadi 10 unit," ucapnya.

Jika peralatan yang ada cukup memadai, tiap kecamatan bisa melayani hingga 1.000 orang/hari. "Kalau cuma dua unit, paling maksimal bisa melayani 100 orang/hari. Karena untuk melayani tiap orang butuh waktu lima hingga 10 menit," ucap Rina. [132]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN