SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 24 April 2014
Pencarian Arsip

Pemprov DKI Hentikan Proyek Monorel
Kamis, 22 September 2011 | 12:08

Ilustrasi monorail [google] Ilustrasi monorail [google]

[JAKARTA] Pemprov DKI telah memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek monorel yang sejak 2004 lalu mangkrak. Tiang pancang yang telah berdiri di sepanjang jalur monorel rencananya digunakan menjadi jembatan layang khusus busway. Saat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI sedang melakukan pengkajian terkait dengan kekuatan struktur tiang monorel. Untuk membuat tiang pancang menjadi tiang jalan layang perlu penambahan kekuatan struktur.

Kepala Dishub DKI Udar Pristono mengatakan, pembangunan jalan layang rencananya dilakukan pada 2012 dan ditargetkan rampung pada 2014. Sistem yang diterapkan loop line atau jalan melingkar.

“Rencananya halte busway akan berada di atas dan penumpang naik turun menggunakan tangga. Dimensi tiang penyangga akan ditambah dari sebelumnya 1.200 x 1.600 milimeter menjadi 1.600 x 2.000 milimeter,” jelas Pristono di Jakarta, baru-baru ini.

Dikatakan, terdapat empat keuntungan jika moda transportasi pengganti monorel adalah bus. Pertama, tidak perlu membuat manajemen baru sehingga tetap melanjutkan manajemen Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta.

Kedua,
dapat meminimalisasi panjang jalur transit yang harus dilalui penumpang. Ketiga, memperluas jangkauan pelayanan jaringan sehingga bisa lebih optimal. Keempat, meringankan beban pusat kota dari pergerakan untuk singgah.

“Nantinya bus layang yang dibangun menggunakan jalur melingkar (loop line). Berbeda dengan jalur bus Transjakarta saat ini yang sistemnya radial atau menyebar,” paparnya.

Tiang-tiang monorel ini rencananya akan dipakai membangun 16 titik halte dengan jalur melingkar. Di antaranya ada 12 titik yang akan menjadi titik transfer ke koridor lain dan stasiun kereta api. [FFS/H-14]    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN