SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 19 April 2014
Pencarian Arsip

Paus Inginkan Gereja Sederhana untuk Menolong Orang Miskin
Sabtu, 16 Maret 2013 | 23:52

Paus Fransiskus. [Reuters] Paus Fransiskus. [Reuters]

[VATIKAN] Paus Fransiskus pada Sabtu siang waktu setempat memberikan indikasi yang jelas kalau ia menginginkan gereja Katolik sedehana yang ingat dengan misinya untuk melayani kaum miskin.

Paus mengatakan hal itu ketika berbicara dihadapan sejumlah wartawan. Ia memilih nama Fransiskus, dari Santo Fransiskus dari Assisi, yang menjadi simbol perdamaian, penghematan dan kemiskinan.

Paus menyebutkan Fransiskus, sebagai pria yang memberi semangat perdamaian, dan orang yang miskin. "Karenanya saya menginginkan gereja sederhana dan menolong kaum miskin," tegasnya.

Sejak terpilih menjadi pemimpin Umat Katolik sedunia pada Rabu, Paus baru asal Argentina ini telah menunjukan gaya yang berbeda dari Kepausan sebelumnya menyusul mundurnya Paus Benediktus bulan lalu.

Pada malam setelah ia terpilih Paus Fransiskus I ini menolak naik mobil limousin Kepausan, dan memilih naik bus dengan para Kardinal yang telah memilihnya.

Keesokan harinya ia kembali ke gereja, dan berlari ke hotel tempat ia menginap sebelum dimulainya Konklaf. Bahkan Paus yang nama aslinya Jorge Mario Bergoglio ini bersikeras untuk membayar sendiri hotelnya.

Ia juga mengingatkan kepada Umat Katolik, mereka harus ingat kalau Yesus merupakan pusat dari gereja, dan bukannya Paus.

Fransiskus terpilih memimpin umat Katolik yang jumlahnya 1,2 miliar di tengah krisis global terkait skandal seksual, kemudian sejumlah intrik dan kasus korupsi di birokrasi Vatikan.

Menanggapi ini, Paus mengatakan, gereka seperti juga institusi yang lain, yang tak luput dari dosa dan juga kebajikan. Ia juga berpesan pada wartawan untuk fokus pada kebenaran, kebaikan, dan keindahan dalam pekerjaan mereka. [Rtr/L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN