SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 April 2014
Pencarian Arsip

Pasca Ledakan Bom, Kapolres Poso Dimutasi
Kamis, 11 Oktober 2012 | 7:38

Ilustrasi ledakan bom. [Antara] Ilustrasi ledakan bom. [Antara]

[PALU] Kapolres Poso, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Pulung Rochmadianto dipastikan akan dimutasi dari jabatannya dan dipindahkan ke Polda Sulawesi Tengah. Meski belum diketahui nomor surat keputusannya, tapi pihak Polda setempat membenarkannya.

“Ya Kapolres Poso akan dipindahkan ke Polda Sulteng. Dan Kapolres Banggai, AKBP Dadang dipindahkan ke Poso. Serah terima jabatan akan dilakukan hari Sabtu, 13 Oktober nanti,” kata Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Dewa Parsana di Palu, Rabu (10/10) sore.

Sejumlah pihak menduga, mutasi Kapolres Poso itu karena maraknya aksi teror di wilayah bekas konflik itu akhir-akhir ini. Pada 28 Agustus lalu misalnya, terjadi penembakan di Desa Sepe, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso. Kejadian terjadi sekitar pukul 23.45 Wita.

Seorang warga yang bernama Noldy Ambolado (27), tewas dalam aksi penembakan misterius itu. Selanjutnya pada 4 Oktober kemarin, terjadi lagi aksi penembakan oleh orang tak dikenal di Desa Masani, Poso Pesisir.

Pelaku mendatangi rumah warga bernama Hasman Sao (35) sekitar pukul 11.30 Wita dan menembaknya. Korban kena tembak di punggung dan tembus leher. Untung tidak meninggal dunia. Belum berselang lama, terjadi lagi aksi peledakan bom rakitan di Kelurahan Kawua, Poso Kota.

Meski peristiwa yang terjadi pada 9 Oktober jam 19.10 Wita itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun merusak sebuah mobil Toyota Avanza, sebuat rumah warga dan sebuah sepeda motor. Tapi Kapolda membantah pencopotan Kapolres Poso itu karena maraknya aksi teror yang akhir-akhir ini terjadi.

Menurut Kapolda Dewa Parnasa, mutasi di jajaran Polda Sulteng itu biasa sebagai penyegaran di tubuh Polri. “Untuk peningkatan karir, maka perlu adanya mutasi. Jadi, bukan pencopotan, dan bukan pula karena adanya teror-teror itu,” kata Kapolda.

Dari Poso dilaporkan, AKBP Pulung Rochmadianto sedang mengemasi barang-barang pribadinya di rumah dinas Kapolres Poso.

Sebuah mobil truk terlihat parkir di depan rumah itu dan beberapa orang terlihat mengangkut sejumlah barang untuk dinaikkan ke truk. Kapolres Pulung Rochmadianto tidak banyak berkomentar soal mutasi itu. Dia hanya mengatakan dipindahkan ke Polda Sulteng. [JDL/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN