SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 2 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Nazaruddin Disidang, KPK Berharap Ada Fakta Baru
Rabu, 30 November 2011 | 9:05

M Nazaruddin [google] M Nazaruddin [google]

[JAKARTA] Tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin akan disidangkan di Pengadilan Tipikor pada Rabu (30/11) Pagi ini. Sidang dengan agenda mendengarkan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) ini akan menjadi babak baru untuk menguak fakta-fakta lain dibalik kasus suap kepada Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Wafid Muharam.

Oleh karena itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap akan ada fakta baru terungkap dari proses persidangan Nazaruddin. Mengingat, posisi Nazaruddin sebagai mantan Bendahara Umum (Bendum) partai dan anggota dewan sekaligus anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI cukup strategis untuk mengetahui banyak hal.

"Kita berharap ada fakta-fakta baru di persidangan. Nazaruddin silahkan bicara memberikan informasi apapun asalkan sesuai fakta. Tentunya akan kita kembangkan fakta-fakta baru itu," kata Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan, Haryono Umar, Rabu (30/11).

Fakta-fakta baru itu dapat dijadikan sebagai bahan bagi KPK untuk membongkar skandal kasus suap wisma atlet dan menetapkan tersangka, yaitu pihak-pihak yang terlibat.

Lebih lanjut Haryono memastikan bahwa tim Jaksa Penuntut Umum sudah menyiapkan dakwaan yang kuat. Sehingga, pengadilan memberikan hukuman yang setimpal untuk Nazaruddin.

Nazaruddin terlibat dalam kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games karena diduga menerima uang dari Manajer Marketing PT Duta Graha Indah (DGI), Mohamad El Idris sebesar Rp 4,3 miliar. Dimana, pemberian tersebut diduga terkait atas pemenangan PT DGI sebagai kontraktor proyek pembangunan Wisma Atlet SEA Games dan gedung Serbaguna Provinsi Sumatera Selatan.

Atas perbuatannya, Nazaruddin dijerat dengan Pasal 5 ayat (2) dan atau Pasal 12 huruf a dan b dan atau Pasal 11 UU Tipikor. Dengan ancaman pidana paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar. [N-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!