SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 28 Juli 2014
Pencarian Arsip

KIP Kabupaten/Kota Umumkan Hasil Perhitungan Suara
Sabtu, 14 April 2012 | 16:28

Ilustrasi Pilkada Aceh. [google] Ilustrasi Pilkada Aceh. [google]

[BANDA ACEH] Komisi Independen Pemilihan (KIP)  di 23 Kapaten/kota di Aceh pada, Sabtu (14/4) akan melakukan rekapitulasi suara untuk calon gubernur dan wakilnya dan untuk KIP di 17 kabupaten/kota rekap suara sekaligus dengan pemilihan bupati/walikota, dihari retakhir rekapitulasi suara untuk pilkada Aceh 9 April 2012 lalu, sejumlah daerah terjadi aksi demontrasi menolak hasil pilkada  seperti di Gayo Luwes, Aceh Tengah dan bebepa kabupaten lain.

Komisioner KIP Aceh Akmal Abzal kepada SP, Sabtu (14/4) pagi di Banda Aceh menyebutkan hari ini semua KIP kabupaten/kota di Aceh akan menyelesaikan rekapitulasi suara baik untuk calon gubernur maupun bupati/walikota dan wakilnya, hasil rekap tersebut akan dikirim ke KIP Aceh dan pada 17 April nanti KIP Aceh akan melakukan rekapitulasi suara untuk calon gubernur. Khusus untuk calon bupati/walikota pemenangnya sudah bisa diketahui nanti sore, walaupun ada sebagian daerah terjadi unjuk rasa kerena kandidat ada yang merasa tidak puas, tetapi secara umum proses demokrasi di Aceh berjalan dengan tertib aman dan tidak ada gangguan pada hari pencoblosan,sebutnya.

Sementara di Gayo Luwes yang dua tiga hari lalu suasa mencekam dan terjadi aksi pembakaran terhadap kantor KIP dan lima unit kantor Camat, pagi ini situasi kembali kondusif, namun sejumlah perkantoran dan rumah pejabat masih dijaga ketat oleh aparat kepolisian, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kabid Humas Polda Aceh Gustav Leo kepada SP menyebutkaan situasi keamanan secara umum pasca pilkada sangat kondusif, termasuk di Gayo Luwes yang dua hari lalu terjadi aksi anarkis, kini sudah terkendali, begitu juga dengan kondisi Aceh Tengah yang saat ini ada ribuan massa melakukan aksi unjuk rasa ke Gedung DPRK dan kantor KIP kondisi bisa dikendalikan oleh aparat. Infirmasi yang diperoleh SP di  Aceh Tengah ribuan massa yang tidak puas dengan hasil pilkada melakukan unjuk rasa ke DPRK setempat menuntuk agar pilkada bupati dilakukaan ulang, sebab pelaksanaan pada 9 April 2012 lalu banyak terjadi kecurangan.

Arjua salah seorang pengunjuk rasa menyebutkan jika pilkada Aceh Tengah tidak dilakukan ulang, maka ribuan massa akan menduduki kantor DPRK, kantor KIP dan kantor Bupati, para pengunjuk rasa mendesak agar DPR Kabupaten Aceh Tengan membuat rekomendasi untuk dilakukan pilkada ulang.

Kabaq Humas Pemda Aceh Tengah Wendi menyebutkan meskipun saat ini ada ribuan massa yang melakukan aksi unjuk rasa, tetapi aktivitas pemerintahan pada, Sabtu (14/4) tetap berjalan seperti biasa, namun sejumlah aparat kepolisian tetap siaga  termasuk melakukan penjagaan terhadap sejumlah perkantoran untuk menghindari terjadi kerusahan, sejumlah aparat juga telah dikirim ke Aceh Tengah.

Meskipun begitu tidak ada gantuan terhadap aktivitas masyarakat, pasar buka seperti biasa, pns semua ngantor, jadi bisa dibilang walaupun ada ribuan massa melakukan aksi tetapi, keadaan Takengon aman-aman saja, terangnya.            

Sedangkan di 4 kabupaten/kota yang telah selesai melakukan rekapitulasi suara untuk calon bupati/walikota dan gubernur dan wakilnya akan ada pilkada tahap kedua khususnya untuk pemilihan  bupati/walikota dan wakilnya yakni di Aceh Barat Daya (Abdya) Aceh Barat, Kota Sabang dan Kabupaten Nagan Raya, karena diempat kabupaten itu perolehan suara tidak tidak mencapai 30 % plus 1 dari total suara yang sah.Sedangkan di sejumlah kabupaten lain masih dalam proses perhutungan sehingga hasilnya baru diketahui pada, sore nanti.(147)




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»