SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 17 September 2014
Pencarian Arsip

Inilah Kekuatan Militer Korea Utara
Selasa, 20 Desember 2011 | 13:16

Parade militer Korea Utara [google] Parade militer Korea Utara [google]

[PYONGYANG] Korea Utara meski merupakan negara miskin dan terisolasi dari dunia internasional. Negara itu memiliki angkatan bersenjata yang kuat dengan artileri, senjata kimia dan arsenal nuklir kecil.  Korea Utara memiliki anggaran militer mencapai US$ 7 miliar per tahun.   

Senjata Nuklir:


Korea Utara memiliki cukup sumber plutonium untuk membangun enam sampai tujuh senjata atom. Korut diperkirakan hampir bisa memproduksi misil nuklir.  

Rudal:

Korut memiliki setidaknya 1.000 peluru kendali (rudal) dalam berbagai tipe, termasuk dengan jarak jangkauan mencapai lebih dari 3.000 kilometer. Korut telah meluncurkan uji coba tiga rudal antarbenua Taepodong.  

Senjata Kimia dan Biologis: 

Korut diyakini memiliki gudang senjata kimia dan biologis. Korut memiliki persediaan besar 2.500-5.000 ton senjata kimia, cukup untuk menimbulkan kengerian di Korea Selatan. Senjata kimia dapat dikirim dengan artileri jarak jauh, peluncur roket, rudal balistik, pesawat terbang dan kapal laut. Korut diyakini memiliki program senjata biologi seperti virus anthrax, gas mustar, sarin (bahan kimia beracun), botulism (racun makanan), dan phosgene (gas beracun tak berwarna).  

Tentara:


Korut memiliki tentara berjumlah sekitar 1,2 juta dengan wajib militer pada usia 17 tahun.

Korut memiliki 3.500 tank tempur utama, 560 tank ringan, 2.500 pengangkut personil lapis baja, 2.500 peluncur roket, 7.500 mortir, 11.000 senjata pertahanan udara.  

Angkatan Laut:

Armada kapal selam Korut diperkirakan mencapai 92 armada. Korut memiliki 43 pesawat rudal, 158 kapal patroli besar, 103 torpedo, 334 kapal patroli, 10 kapal amfibi.  

Angkatan Udara:

Angkatan udara Korut dirancang untuk menyerang lintas perbatasan ke Korea Selatan. Korut memiliki 80 pesawat pembom. 541 pesawat tempur dan pesawat untuk serangan darat. 588 helikopter, dan 24 helikopter penyerang. [AFP/D-11]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»