SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 2 September 2014
Pencarian Arsip

Inggris Hadang Kapal Rusia yang Menuju Suriah
Rabu, 20 Juni 2012 | 8:57

Kapal kargo diduga mengangkut helikopter tempur buatan Rusia. [Reuters] Kapal kargo diduga mengangkut helikopter tempur buatan Rusia. [Reuters]

[LONDON] Inggris menghadang kapal kargo yang dicurigai mengangkut senjata buatan Rusia dan akan dibawa ke Suriah.

Menteri Luar Negeri William Hague mengatakan pada Selasa (19/6) bahwa kapal kargo itu telah dibawa kembali ke Rusia.

Perusahaan asuransi di London, Standard Club, mencabut asuransi untuk kapal MV Alaed saat kapal itu berada sekitar 80 kilometer di lepas pantai Skotlandia.

Pemerintah Inggris mengatakan mereka menyadari bahwa kapal itu mengangkut helikopter tempur yang akan dibawa ke Suriah.

Kedutaan Rusia di London belum berkomentar soal penghadangan kapal ini. Inggris menekankan telah menyatakan kepada pemerintah Rusia bahwa semua pengiriman alat pertahanan ke Suriah harus dihentikan.

Inggris dan Amerika Serikat telah melontarkan keprihatinan kepada Rusia terkait pengiriman senjata ke Suriah, yang menghadapi sanksi embargo senjata dari Uni Eropa. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Inggris mengatakan, "Kami menyadari bahwa ada kapal yang mengangkut helikopter tempur buatan Rusia menuju Suriah."

Karena itu, Kemlu  Inggris telah menegaskan kepada Menteri Luar Negeri Rusia Lavrov saat bertemu tanggal 14 Juni bahwa semua pengiriman alat pertahanan ke Suriah harus dihentikan.

"Kami bekerja sama dengan mitra internasional untuk menjamin bahwa kami berupaya untuk menghentikan langkah rezim Suriah membunuh warga sipil dengan peralatan yang didapat dari negara-negara lain,"  tulis Kemlu Inggris.

Cabut Izin Kargo Perusahaan asuransi Standard Club mengatakan, mereka mencabut jaminan karena pemilik kapal melanggar peraturan internal dan bukan karena instruksi pemerintah Inggris.

Perusahaan itu mengatakan, mereka tengah mencari informasi lebih lanjut tentang kargo di kapal itu. Dalam satu pernyataan, Standard Club mengatakan, "Kami diberitahu Jumat malam bahwa kapal itu kemungkinan mengangkut senjata, khususnya helikopter, peluru kendali dan munisi, dan kami mengajukan pertanyaan untuk mengetahui rincian dari mereka."

"Ada pengecualian khusus dalam jaminan dari perusahaan kami bagi siapa pun yang melakukan perdagangan ilegal dan kami dapat membatalkannya," kata perusahaan itu.

Bulan Desember tahun lalu, kapal perang Rusia dan kapal pendukung yang diduga menuju ke Suriah sempat berlabuh di Skotlandia saat cuaca buruk.

Kapal induk Inggris York mencegat kapal milik Rusia itu beserta dua frigat dan tiga tanki minyak dan memastikan iring-iringan itu meninggalkan Skotlandia dan menuju Samudra Atlantik. [BBC/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»