SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 1 Agustus 2014
Pencarian Arsip

IAW Temukan Kejanggalan Verifikasi Faktual di NTT
Jumat, 18 Januari 2013 | 15:21

Logo KPU. [Google] Logo KPU. [Google]

[JAKARTA] Indonesian Audit Watch (IAW) menemukan  kejanggalan dalam verifikasi faktual di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

“Ada modus verifikasi faktual yang tidak sesuai dengan standard yang sudah ditentukan terhadap pemegang Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik (Parpol) yang tidak memiliki kursi di DPR RI. Itu diduga memang sengaja digunakan untuk menghambat Parpol non parlemen ikut Pemilu 2014,” kata Ketua Pendiri IAW, Junisab Akbar melalui siaran pers, Kamis (17/1/2013).

Mantan anggota DPR RI dari Partai Bintang Reformasi (PBR) ini menambahkan, dari hasil temuan investigasi IAW yang mengacu pada berita acara (BA) hasil verifikasi faktual KPU daerah se-Provinsi NTT ada dua Kabupaten yang diduga melakukan kecurangan. 

“Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Sabu Raijua. Jika ditelusuri dugaan rekayasa bisa menguntungkan 3 Parpol yang saat ini malah sudah dinyatakan lolos oleh KPU untuk menjadi peserta Pemilu 2014,” ujarnya.

Menurutnya, verifikasi faktual KTA disebut KPU dilakukan dengan melakukan verifikasi ke rumah-rumah anggota Parpol.  Lalu dengan alasan bahwa si anggota Parpol tidak ada dirumah maka lantas KPU dinyatakan bahwa pegawai KTA Parpol bisa fiktif.“Ini model yang sangat semberono karena dengan akumulasi perilaku yang demikian maka dengan seketika KPU sudah bisa merubuhkan Parpol yang sebelumnya sudah lolos administrasi kepartaian,” kata Junisab.

IAW meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  membenahi perorangan dan kolektif KPU, agar mereka mampu mengontrol dirinya.  “Bawaslu bukanlah macan ompong layaknya 2 periode lalu. Bawaslu akan baik jika penyelenggaraan pemilu tidak terkotori,” pungaksnya. [M-16]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!