SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 22 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Harga Melambung, Stok Cabai Masih Aman
Rabu, 10 Juli 2013 | 6:44

Cabai di jual di pasar [antara] Cabai di jual di pasar [antara]

[JAKARTA] Memasuki Bulan Ramadhan, harga cabai rawit melambung tinggi. Berdasar pantauan SP pada Selasa (9/7) pagi, di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, harga cabai rawit merah mencapai Rp 55.000 per kilogram atau naik sekitar Rp 5.000 dibanding sepekan sebelumnya.

Meski harga cukup tinggi, pasokan cabai di Pasar Induk Kramat Jati tetap terjamin hingga Hari Raya Idul Fitri nanti.

Asisten Manager Usaha dan Pengembangan Unit Pasar Induk Kramatjati, Sugiyono, mengatakan, selama bulan Ramadhan sebanyak 180 ton hingga 200 ton cabai dipasok ke pasar induk yang berada di Jalan Raya Bogor itu per harinya.

Diperkirakan, jumlah pasokan baru akan menurun menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Selama Ramadan, pasokannya masih stabil, tapi biasanya menjelang Lebaran, sekitar H-6 biasanya menurun menjadi sekitar 120 ton, karena sebagian pedagang sudah pulang kampung," katanya kepada wartawan, Selasa (9/7).

Dengan demikian, kata Sugiyono, kelangkaan komoditas, dan kenaikan harga bukan berdasar kurangnya pasokan ke pasar induk.

Hal itu terjadi salah satunya karena anomali cuaca yang menyebabkan hasil produksi cabai tidak baik, sehingga tidak bisa dipasarkan.

"Dulu kalau hasil panen cabai di suatu daerah tidak baik, masih bisa dipasok dari daerah lain, tapi sekarang setiap daerah merata, hasilnya kurang maksimal," jelasnya.

Selain anomali cuaca, kenaikan harga cabai juga terjadi lantaran terjadinya perubahan pola pendistribusian. Dikatakan, para pedagang, terutama pasar modern atau supermarket memilih untuk membeli langsung cabai kepada para petani.

"Seharusnya, dari petani ke pengepul lalu dikirim ke pasar induk. Dari pasar induk baru didistribusikan ke pasar-pasar tradisional kecil maupun pasar-pasar modern," papar Sugiyono.

Yuni (40), seorang pedagang cabai di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur mengatakan, pasokan cabai sejauh ini masih terbilang aman meski harganya terus melambung. Setiap hari, dirinya masih mampu stok hingga 10 kg cabai dari seluruh jenis.

"Tapi kalau bulan puasa begini bisa sampai 20 kg, karena lebih ramai dari hari biasanya," katanya.

Dikatakan, saat ini harga cabai rawit merah Rp 80.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp 40.000 per kilogram, cabai rawit Rp 40.000 per kilogram. Diperkirakan, harga ini akan terus melambung pada hari-hari mendatang selama bulan puasa.

"Kalau semakin mahal, biasanya pembeli mengurangi jumlah pembelian, meskipun yang beli makin rame," katanya. [F-5]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»