SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 31 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Pilgub Jateng No 1

Hadi Prabowo-Don Murdono: Sesarengan Mbangun Jawa Tengah Maju
Sabtu, 11 Mei 2013 | 8:25

Pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono.  [SP/Stefy Thenu] Pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono. [SP/Stefy Thenu]

Pasangan ini diusung oleh koalisi enam parpol, yakni PKS, PKB, PPP, PKNU, Gerindra dan Hanura. Di Jawa Tengah  (Jateng), khususnya di jajaran birokrasi Pemprov Jateng, Hadi Prabowo (HP) bukan sosok yang asing.

 Dia pernah tercatat sebagai sekda provinsi termuda di Tanah Air, saat diangkat sebagai sekda tahun 2008. Pria kelahiran Klaten, 3 April 1960 ini, dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan beragam kalangan, mulai dari wartawan, LSM, ormas, hingga elemen masyarakat lainnya.

Suami dari Paripurnaning Haju ini, merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang pada 1985.

HP menghabiskan seluruh karirnya di Pemerintah Provinsi Jateng sejak 1988 mulai dari posisi  Kasubag Sosial Budaya Biro Bangda Sekretariat Daerah.

Kariernya di Pemerintah Provinsi Jateng kemudian terus meningkat seperti menjadi Kasubag Perkotaan Biro Penyusunan Program. Kemudian dia promosi menjadi Kabag Anggaran pada 1996-2000.

Setelah itu dipercaya menempati posisi Kepala Biro Keuangan Setda Jateng dari 2000-2005, kemudian menanjak menjadi Asisten IV Sekda hingga 2008. Hadi dilantik sebagai Sekretaris Daerah Jateng sejak 2008, menggantikan Mardjijono yang mengajukan pensiun dini, karena alasan kesehatan.

HP menggandeng Don Murdono, sebagai cawagub. Don sendiri, kendati banyak berada di luar Jateng, sosoknya pun bukan asing. Pria kelahiran Kendal 15 Oktober 1958 ini lahir dari keluarga aktivis Partai Nasional Indonesia (PNI), Sugito Wiryohamidjoyo dan Rustiawati.

Don Murdono adalah anak ke 9 dari 11 bersaudara.   Don menghabiskan masa kecil dan sekolah di Semarang hingga menamatkan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada 1986.

Semasa kuliah, Don mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Ketua Senat Mahasiswa UNDIP 1984-1985 dan Komandan Resimen Mahasiswa UNDIP 1983-1985.

Don pernah menjabat sebagai wakil ketua DPD PDIP Jateng hingga 2000. Don juga pernah menjabat sebagai anggota DPR pada 1999-2004. Pada 2003, dia mencalonkan sebagai Bupati Sumedang dan berhasil memenangkan pemilihan tersebut.

Pada 2008, Don kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Sumedang dan berhasil memenangkan pemilihan untuk kedua kalinya. Jabatan Don sebagai Bupati Sumedang selesai tahun ini, bersamaan dengan langkahnya maju sebagai calon wakil gubernur.

Janji Politik


Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don) dalam paparan visinya "Jateng Maju dan Makmur" berjanji akan berupaya memenuhi kebutuhan layanan dasar masyarakat yang berkualitas serta meningkatnya hasil-hasil pembangunan, dengan didukung oleh kondisi aman, pemerintahan yang bersih, efektif, dan "ngayomi", namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.  

Selain visi, HP-Don memiliki misi, yakni meningkatkan sinergitas dan harmonisasi pembangunan pusat dan daerah serta keseimbangan pembangunan antarwilayah, mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel, meningkatkan perekonomian daerah yang berorientasi ekonomi kerakyatan.  

Misi lainnya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketakwaan, dan kearifan lokal, meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur untuk mewujudkan kemajuan dan daya saing daerah dengan memperhatikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

HP-Don mengusung motto "Sesarengan Mbangun Jawa Tengah Maju" atau bersama-sama semua elemen masyarakat membangun Jawa Tengah menjadi lebih maju. Dengan sesanti "Ngajeni, Ngayahi, lan Ngayomi" (menghargai, memilah yang baik, dan melindungi).  

HP-Don dalam kampanyenya juga memberikan Kartu Jateng Sejahtera kepada masyarakat, yang berisi program-program andalan, seperti KTP dan akta kelahiran gratis, rawat inap puskesmas gratis, renovasi rumah tak layak huni, serta mempertahankan Jamkesmas dan Jampersal.

Kartu tersebut akan bisa digunakan masyarakat,  jika HP-Don terpilih menjadi gubernur periode 2013-2018. [SP/Stefy Thenu]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»