SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 17 April 2014
Pencarian Arsip

Tandai 40 Tahun Berkarya

Guruh Sukarno Putra Gelar Pertunjukan
Jumat, 22 Juli 2011 | 17:36

Guruh Soekarno Putra (tengah) bersama para artis pendukung pertunjukan 40 tahun dia berkarya. (Foto: SP/Hendro Situmorang) Guruh Soekarno Putra (tengah) bersama para artis pendukung pertunjukan 40 tahun dia berkarya. (Foto: SP/Hendro Situmorang)

[JAKARTA] Dedikasi Guruh Sukarno Putra terhadap karya seni berupa ratusan karya lukis, lagu-lagu ciptaannya, serta seni batik rancangannya tanpa terasa pada tahun ini merupakan tahun ke-40.  Beberapa pergelaran seni tari  besar pun telah dilahirkannya dengan mempesona begitu banyak penonton.

Rencananya pada 21-23 Oktober 2011 besok, Guruh bersama Kinarya GSP akan kembali menampilkan Pergelaran 40 Tahun Karya Cipta Guruh Sukarno Putra di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat dengan tema “Beta Cinta Indonesia”. Acara ini merupakan petikan-petikan pergelaran besar yang pernah dibuatnya selama 4 dekade ini.

"Petikan dari lagu dan tari karya-karya saya pada pagelaran kolosal tahun-tahun lalu, dari tahun 1980-an sampai sekarang. Memang sudah lama saya tidak membuat pergelaran yang kolosal yang didukung ratusan seniman dengan dekorasi yang kolosal. Karena itu sejak akhir tahun 80-an saya mendapat dorongan untuk membuat pergelaran. Jadi karena sudah lama saya kali ini ingin mengadakan pemanasan yaitu pergelaran dari karya-karya saya di masa lalu," ungkap Guruh di kediamannya Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/7).

Putera Presiden pertama RI Soekarno ini pun menuturkan pergelarannya merupakan wujud karya persembahan bagi bangsa. "Saya ingin melalui pergelaran ini, bahwa komitmen saya adalah ingin menjadi seorang pengabdi yang sejati, yang pertama mengabdi kepada Tuhan, yang kedua secara pribadi kepada orang tua, nusa dan bangsa serta masyarakat Indonesia," tuturnya.

Pergelaran yang akan digelar pada 21-23 Oktober 2011 di Teater Jakarta tersebut bakal menampilkan koreografi serta kostum panggung yang mencirikan budaya asli Indonesia. "Dari segi lagu, koreografi dan busana semua nanti akan mengacu pada akar budaya sendiri," jelasnya.

Dengan memiliki misi yang sama, Kinarya GSP menggandeng Djarum Apresiasi Budaya yang selama ini terbukti telah membuat banyak dukungan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni dan budaya Indonesia untuk bersama mewujudkan kelestarian Budaya Khas Indonesia demi dapat terus berlanjut di masa depan dan dinikmati serta diteruskan oleh generasi mendatang.

“Semoga pergelaran ini mampu menghibur serta melipur hati para pecinta seni yang telah rindu akan tontonan karya-karya Guruh Sukarno Putra dalam kemasan menawan serta penuh kesan dan yang pasti mendidik para generasi muda untuk selalu tidak meninggalkan akar budaya serta seni khas Indonesia” ujar Renitasari, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Pergelaran ini nanti akan berdurasi sekitar 60 menit dengan didukung oleh artis-artis ternama Indonesia yang menjadi pilihan Guruh Sukarno Putra, seperti Vina Panduwinata, Tompi, Once, B3, Vidi Aldiano, Butet Kartaredjasa, Yati Pesek, Tike Priatnakusumah, Asri Welas dan Netta dengan iringan Musik Orkestra pimpinan Erwin Gutawa serta didukung oleh para penari dari Kinarya GSP. Keseluruhan pendukung acara adalah sebanyak 150 orang yang akan digarap sepenuhnya menjadi suatu pertunjukan seni musik dan tari yang mampu memberikan hiburan tersendiri yang berkesan. [H-15]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN