SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 20 September 2014
Pencarian Arsip

Golkar Incar Presiden 2014
Rabu, 26 Oktober 2011 | 12:27

Idrus Marham [google] Idrus Marham [google]

[JAKARTA] Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengemukakan partainya tidak hanya ingin punya calon presiden di pemilihan umum 2014, namun ingin memiliki presiden. Untuk itu, Golkar akan benar-benar mempertimbangkan kandidat yang paling berpeluang.

"Kita ingin tidak hanya memiliki calon presiden, tapi presiden yang jadi. Partai Golkar memiliki mekanisme meskipun pikiran yang berkembang peluang ketua umum lebih besar," kata Idrus dalam jumpa pers menyambut Rapimnas II Golkar di Kantor DPP Golkar, Jakarta, kemarin.

Ia menjelaskan Golkar sangat memperhitungkan hasil survei elektabilitas para tokoh yang bakal diusung. Hasil survei itu yang akan menentukan siapa calon presiden dari Golkar. "Golkar tidak ingin terjebak mengajukan calon berdasar dikotomi seperti dari sipil atau TNI, Jawa non Jawa, serta tua atau muda. Yang menentukan jadi atau tidaknya presiden itu adalah rakyat," ujarnya.

Idrus menegaskan rapat pimpinan nasional di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada 26-28 Oktober 2011 diikuti 700 peserta yang terdiri dari DPP Partai Golkar, Dewan Pertimbangan Partai Golkar, dan Ketua-Ketua DPD I Propinsi dari seluruh Indonesia.

Menurutnya, Rapimnas akan mengakomodir usulan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Propinsi se-Indonesia, terutama mengenai pembahasan capres 2014. "Karena yang hadir ketua DPD se-Indonesia maka tentu silakan kepada mereka apa yang dikembangkan nanti. Golkar partai yang sangat dinamis mengikuti perkembangan yang ada," tuturnya.

Ia mengakui belakangan muncul aspirasi dari pengurus partai di daerah mengenai percepatan penentuan capres dari Golkar. Pengurus-pengurus di daerah menuntut agar Rapimnas mengeluarkan putusan tentang nama capres. "Mereka menuntut Rapimnas sudah mengambil keputusan karena tidak ingin terulang periode lalu penentuan capres sangat mendesak (waktunya). Jadi tidak bisa mempersiapkan segala sesuatunya," ujarnya.

Ketua Penyelenggara Rapimnas, Sharif Cicip Soetardjo menambahkan dalam perhelatan itu, akan dijaring usulan mengenai nama capres yang akan diusung termasuk kesiapannya.

Menurut Cicip yang baru dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan ini, Rapimnas ini nantinya akan menentukan nama calon yang resmi diusung dan waktu pengumuman yang tidak mendesak. "Kita lihat siapapun calon kita apakah siap sudah tepat waktu belum. Sampai hari ini belum ada keputusan tentang capres Golkar," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini. [R-14]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»