SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 18 April 2014
Pencarian Arsip

Partai Persahabatan

Gol Messi Membungkam Tim Samba
Kamis, 18 November 2010 | 8:16

Striker Argentina Lionel Messi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brasil pada partai persahabatan di Doha, Qatar dini hari tadi. (Foto: AFP/Karim Jaafar) Striker Argentina Lionel Messi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brasil pada partai persahabatan di Doha, Qatar dini hari tadi. (Foto: AFP/Karim Jaafar)

[DOHA] Tidak salah lagi, Lionel Messi menjadi pemain terbaik dunia saat ini. Dia mencetak gol satu-satunya dalam partai persahabatan dua raksasa sepak bola dunia, Argentina versus Brasil di Doha, Qatar pada Rabu (17/11) datau Kamis (18/11) dinihari tadi. Pada partai itu, Brasil tumbang 0-1 dari musuh bebuyutannya, Argentina berkat gol Messi pada menit terakhir.

Bintang tim Tango yang menjadi striker Barcelona Lionel Messi, mencetak gol sematawayang yang membawa timnya unggul dengan sangat luar biasa. Dia menggiring bola dari tengah bidang permainan Brasil dan mengelabui empat orang pemain bertahan Seleccao, sebelum melepas tembakan menyusur tanah dan menempatkannya di pojok kanan gawang tim Samba. Gol itu terjadi pada tambahan waktu.

Ini adalah gol pertama Messi ke gawang Brasil dan ini adalah kemenangan pertama mereka terhadap Brasil sejak Juni 2005. “Selalu penting meraih kemenangan dan kemenangan ini jauh lebih penting karena didapat dari musuh bebuyutan kami. Kemenangan ini juga memberi kami kepercayaan diri,” kata Messi.

Dia menambahkan, “Gol saya pada pertandingan ini sangat penting karena ini memampukan kami mengalahkan Brasil.”

Gol Messi ini membuat muka pelatih Tim Tango Sergio Batista berseri-seri karena ini adalah kemenangan pertama dia sejak ditetapkan sebagai pelatih definitif. Sebelumnya dia menjabat sebagai pelatih sementara menyusul pemecatan legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona sebagai pelatih setelah kegagalannya di Piala Dunia Afrika Selatan Juni-Juli 2010 tersebut.

Sementara bagi Brasil, ini adalah kekalahan pertama mereka sejak ditukangi pelatih Mano Menezez yang menggantikan Carlos Dunga setelah dikalahkan Belanda pada perempat final Piala Dunia Afrika Selatan 2010 silam. Pada tiga pertandingan sebelumnya, tim Menezez selalu menang. “Ini pertandingan yang ketat tetapi kami memperlihatkan permainan yang tidak biasanya sehingga tidak mampu mencetak gol,” ujar Menezez.

Kedua tim raksasa dari Amerika Latin itu sama-sama sedang pembangunan kembali timnya setelah hancur lebur pada Piala Dunia lalu. Rivalitas kedua tim elite dunia ini akan berlangsung kembali di La Plata, Argentina pada 19 Desember mendatang.

Pada partai uji coba beberapa pekan lalu, Argentina dipermalukan 0-1 dari tim nasional Jepang dalam partai uji coba di Jepang. Maka kemenangan atas Brasil ini sungguh bisa mengangkat moral para pemain Albiceleste.

Ronaldinho Dimainkan Lagi
Pada partai persahabatan itu, Mano Menezez kembali memasang penyerang Brasil yang bermain di AC Milan, Ronaldinho. Ini partai pertama Ronaldinho bersama Seleccao sejak April 2009. Pada penampilan perdananya itu setelah “pensiun” satu tahun lebih dari tim Samba, Ronaldihno memperlihatkan sentuhan dan umpan-umpan khasnya yang menawan, tetapi sayang tetap tidak bisa membongkar pertahanan Argentina.

Hasil pertandingan kedua tim sepertinya akan seri menjelang pluit akhir pertandingan berbunyi. Tetapi sentuhan Messi pada menit-menit akhir pertandingan memberi hasil yang lain.

Sebenarnya, Brasil memiliki peluang menciptakan gol. Kerjasama trio Brasil yang juga disebut trium virat Brasil, Robinho, Ronaldinho, dan pemain berusia 18 tahun dari Santos, Neymar memberi sejumlah peluang dan mengancam pertahanan Argentina. Tendangan bek kanan Barcelona Dani Alves diri luar kotak penalti juga hanya menyentuh mistar gawang.

Bukan hanya Brasil. Argentina juga mengancam gawang tim Samba. Pemain Napoli Ezequiel Lavezzi, misalnya, memberi energi baru untuk menghidupkan serangan Argentina setelah dia masuk menggantikan striker Real Madrid, Higuain.

Dia menyisir sayap kanan pada babak kedua sebelum mengirim umpan kepada Javier Pastore. Tetapi sayang, tembakan Pastore menyentuh lengan bek Brasil Thiago Silva, tetapi wasit tidak memberikan hadiah tendangan bebas untuk Argentina. [AFP/A-21]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN