SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 20 April 2014
Pencarian Arsip

7.291 Warga Mengungsi

Empat Kabupaten di Aceh Dilanda Banjir
Kamis, 31 Maret 2011 | 9:04

Ilustrasi-evakuasi banjir Ilustrasi-evakuasi banjir

[BANDA ACEH] Hujan deras yang melanda Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) beberapa hari terakhir menyebabkan empat kabupaten dilanda banjir sejak Rabu (30/3) hingga Kamis (31/3) dengan ketinggian air mencapai 1 hingga 2,5 meter. Yang paling parah adalah Aceh Barat. Akibatnya, 7.291 penduduk di sejumlah desa harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBP) Aceh Barat, HT Ahmad Dadek kepada wartawan, Kamis (31/3) pagi menyebutkan, banjir di Aceh Barat sudah terjadi sejak Selasa (29/3) yang sebelumnya hanya merendam Kecamatan Pante Ceureumen, kini luapan air telah meluas ke sejumlah desa di beberapa kecamatan lain di Aceh Barat.

Sebanyak 100 desa di Kamatan Wayla Barat, Wayla Timur, Panton Reue, Arongan Lambalek, Johan Pahlawan, Meuruboe, dan Kaway XVI di Aceh Barat tergenang air. “Ini baru data sementara. Diperkirakan banjir bisa meluas jika hujan masih terus mengguyur kawasan itu,” ujar Dadek.

Akibatnya, sebanyak 7.291 warga Pante Ceureumen dan kawasan lain diungsikan. Sementara yang lain, meski rumah tergenang, mereka tetap bertahan. Ketinggian air di wilayah itu mencapai 1 samapi 2,5 meter.

Bupati Aceh Barat Ramli MS meminta bantuan dari pihak provinsi agar dapat memperhatikan para korban, karena bencana banjir semakin meluas di wilayahnya. Pemerintah Aceh Barat kurang mampu menangani sendiri bencana tersebut.

Sementara di Aceh Jaya, banjir melanda Kecamatan Teunom, Panga, Kreung Sabee dan Sampoinit. Wakil Bupati Aceh Jaya Zamzami A Rani mengatakan, di sejumlah kecamatan yang dipimpinnya, setiap kali terjadi hujan deras pasti terjadi genangan air setingga 50 cm di badan jalan. Penyebabnya, banyak sungai yang tidak memiliki tanggul.

Di Aceh Selatan, banjir melanda Kecamatan Kota Bahagia yang terjadi sejak Selasa lalu, hingga Kamis pagi masih  menggenangi sejumlah rumah penduduk, walaupun airnya sedikit demi sedikit surut. Tetapi menurut warga setempat, Zulvan, sejumlah rumah penduduk belum bisa ditempati karena masih tergenang air.

Banjir di Aceh Singkil sampai Kamis (31/3) pagi ini masih menggenangi wilayah Kecamatan Suro, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara, dan Kota Singkil. [147]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN