SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 17 April 2014
Pencarian Arsip

DKI Siap Antispasi Banjir Lima Tahunan
Kamis, 22 September 2011 | 14:54

Fauzi Bowo [google] Fauzi Bowo [google]

[JAKARTA] Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, pihaknya siap mengantisipasi banjir lima tahunan yang diperkirakan datang pada awal 2012 mendatang. Prakiraan curah hujan yang bakal terjadi di Jakarta mungkin saja terjadi di tengah perubahan iklim yang tidak menentu.

Fauzi mengatakan, kerjasama dengan BMKG dintensifkan untuk mempertajam proyeksi cuaca buruk dan angin kencang. "Angin kencang sangat berpengaruh terhadap trafic lalu lintas di Ibukota. Sekalipun perkiraan curah hujan di Jakarta ke depan moderat kewaspadaan harus tetap ditingkatkan," kata Fauzi saat acara antisipasi mmsim penghujan dan kebakaran di DKI Jakarta, Kamis (22/9).
 
Fauzi meminta para lurah dan masyarakat mengantisispasi titik-titik rawan banjir di kelurahan. Selain itu wilayah pesisir seperti ancaman rob tetap tinggi.

Dikatakan, masih banyak pekerjaan yang belum dituntaskan oleh dinas PU.  Salah satu contoh adalah crossing di jalan-jalan negara. "saya menekankan apa pun yang terjadi jakarta harus siap. Toh yang mengerjakan ini adalah dinas PU," katanya.

KBT, lanjut dia, sudah berfungsi namun di hulu Kali Sunter, Kali Cipinang dan Cakung Hulu masih rawan banjir. Kepada para camat dan lurah di kawasan itu dihimbau menyampaikan informasi secara objektif ke masyarakat.

Genangan masih bisa diatasi bila ada kerjasama dengan masyarakat. Bahkan, curah hujan sedikit pun banyak yang menyebabkan gegangan di sejumlah kawasan seperti Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Hal yang sama juga terjadi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Ada kecenderungan saluran digunakan untuk kepentingan lain. Hal  yang sama juga terdpat di Kali Angke.

Sementara Kadis PU Ery Basworo menyebutkan, sekitar 600 petugas disiagakan mengantispasi banjir. Pompa serta pengerukan kali juga terus dilakukan untuk memperlacar debit air ke bagian hilir.[H-14]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN