SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 3 September 2014
Pencarian Arsip

Danau Tondano Akhir Tahun Ini Bersih dari Enceng Gondok
Rabu, 29 Juni 2011 | 11:31

Danau Tondano [google] Danau Tondano [google]

[MANADO] Danau Tondano, akan terjadi pendangkalan, dan mengancam tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kabupaten Minahasa, dan Minahasa Utara, bila eceng gondok yang telah menutupi sebagian Danau Tondano tidak dibersihkan hingga akhir tahun ini.     

 “Akan terancam tiga PLTA, dan akan berkurang suplai energi listrik di Sulut, kalau terjadi pendangkalan yang disebabkan eceng gondok,”kata Bupati Minahasa SV Runtu kepada SP di Minahasa, baru-baru ini.

Pantauan SP eceng gondok tumbuh subur dan telah menutupi sebagian Danau. Bahkan ada beberapa wilayah menjadi daratan, karena beberapa faktor .      

 Ia mengatakan, enceng gondok sangat memprihatinkan. Karena bertumbuh sangat cepat. Dan ini, berbahaya kalau kita tidak langsung membersihkan. Saat ini saja, Danao Tondano telah menjadi pendangkalan karena beberapa penyebab. 20 tahun lalu masih sekitar 40 meter kedalaman, saat ini tinggal 20-an ini harus kita segera atasi. Selain ecenggondok, hutan disekitar danao harus dijaga. Karena terjadi erosi, yakni lumpur yang masuk kedalam danao.      

Pemda Minahasa, akan berupaya akhir tahun ini Danao Tondano tidak akan ada enceng gondok lagi akhir tahun ini.  Danao Tondano, selain untuk mensuplai air untuk tiga PLTA juga untuk kepentingan air diareal sawah irigasi dan sumber air bersih PDAM di Kota Manado, karena sungai dari Danao Tondano bermuara di Kota Manado.          

Bupati Minahasa megatakan, PT PLN Suluttengo, bersama beberapa LSM dan lembaga pemerintah mulai, bekerjasama membersihkan beberapa kawasan yang tertutup eceng gondok. Terutama sungai  yang menjadi aliran air ke PLTA. Aka ada pengerukan dari PT PLN. Dan beberapa lembaga lainnya. Termasuk dari Pemda Sulut dan Pemda Minahasa. PT PLN akan memberikan, kapal yang khusus mengangkat ecenggondok dari dalam Danao.     

Bahkan, data yang ada sekitar 10.000 pohon akan ditaman oleh beberapa organisasi kemasyarakat di Sulut.  Ini langkah yang baik. Karena, kalau tidak ada pembersihan eceng gondok dan penghutanan kembali disekitar Danao, maka akan terancam.

”Jadi harus cepat melakukan langkah pencegahan agar tidak ada pendangkalan,”kata Dr Ir Jhon Tasirin Phd Dosen Kehutanan dan Lingkungan dari Universitas Sam Ratulangi Manado kepada SP. Ia menilai, Danau Tondano harus diselematkan segera, kalau tidak berbahaya kedepan. (137)  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»