SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 24 Juli 2014
Pencarian Arsip

Buruh Tangerang Desak Apindo Tak Lanjutkan Gugatan
Selasa, 31 Januari 2012 | 5:34



[SERANG]  Puluhan perwakilan buruh dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan mendatangi Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banten, Senin, (29/1).

Mereka mendesak agar sidang gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Tangerang terhadap Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2012 hasil revisi tidak dilanjutkan.

Berdasarkan pantauan,  para buruh  dari Tangerang tersebut datang ke Kantor PTUN Banten sekitar pukul 10.00 WIB.

Mereka berorasi di depan Kantor PTUN Banten yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Ciracas, Kota Serang. Bahkan mereka menyegel kantor tersebut dengan tulisan-tulisan penolakan gugatan Apindo tersebut.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang, Imam Sukarsa mengatakan, tujuan kedatangan buruh ini ke PTUN Banten untuk mendesak agar sidang gugatan Apindo tidak dilaksanakan.

“Kami mendesak agar sidang gugatan Apindo terhadap UMK 2012 hasil revisi Gubernur Banten tidak dilanjutkan,” katanya.

Imam berharap, Apindo Tangerang mencabut gugatan terhadap SK Gubernur Banten tentang revisi UMK Tangerang tersebut, sehingga persidangan di PTUN tidak dilanjutkan. “Kami nanti Rabu (1/2), akan melakukan pertemuan dengan Apindo yang difasilitasi Kemnakertrans,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Apindo Tangerang menggugat SK Gubernur Banten tentang revisi UMK Tangerang dan penetapan upah sektoral ke PTUN Bandung.

Dalam revisi tersebut, Gubernur menetapkan upah regional kabupaten sebesar Rp 1.527.000. Padahal, berdasarkan kesepakatan dengan Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang, ditetapkan UMK sebesar Rp 1.379.000.

Apindo menilai revisi ini tidak melalui mekanisme penetapan upah dan merugikan kalangan pengusaha. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»