SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 2 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Bandara Baru Yogyakarta Dipastikan di Kulonprogo
Kamis, 7 Maret 2013 | 11:44

Bandara Adisutjipto, Yogyakarta [google] Bandara Adisutjipto, Yogyakarta [google]

[YOGYAKARTA] Rencana  pembangunan bandar udara (bandara) baru di DI Yogyakarta sudah bisa dipastikan dan tetap pada rencana semula, yakni di Kabupaten Kulonprogo.  

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Astungkoro kepada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (6/3) petang membenarkan, PT Angkasa Pura sebagai pemrakarsa pembangunan bandara, sudah memohon rekomendasi kesesuaian tata ruang kepada Gubernur DIY dan Bupati Kulonprogo.   Permohonan itu, didukung surat rekomendasi dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, soal tata ruang dan wilayah (RTRW) bandara pengganti Adisutjipto.  

Dikatakan Astungkoro, tahapan tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 38 Tahun 2010 tentang Peraturan Menteri Perhubungan tentang Panduan Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur Tansportasi.  

''Akan kita tindaklanjuti rekomendasi itu, dan harus sesuai dengan tata wilayah dan tata lokasinya,'' katanya.  

Diketahui, dalam pertemuan antara DPR, PT Angkasa Pura sudah memastikan bahwa lokasi bandara baru tetap di Kabupaten Kulonprogo. Astungkoro berharap rekomendasi kesesuaian tata ruang dari Gubernur dan Bupati Kulonprogo diharapkan secepatnya.  

Setelah rekomendasi tersebut dikeluarkan dan sudah dibahas sejumlah tahapan yang harus dilalui, PT Angkasa Pura kemudian dapat mengajukan izin penetapan lokasi (IPL) kepada Menteri Perhubungan. Dengan adanya IPL, diharapkan mampu melokalisasi tanah dan mereduksi permainan harga dari spekulan.  

Tahapan selanjutnya, menyediakan lahan sesuai dengan UU Nomor 2/2012 tentang pengadaan infrastruktur tanah untuk kepentingan umum. "Setelah itu, baru ada proses pembebasan tanah," ucap Astungkoro. [152]    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!