SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 29 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Atasi Macet, KMP Port Link Diluncurkan
Selasa, 11 Juni 2013 | 6:58

Menteri BUMN Dahlan Iskan (kedua dari kiri) didampingi sejumlah pejabat terkait  meresmikan peluncuran KMP Port Link di Pelabuhan Merak, Senin (9/6). Kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry ini akan dioperasikan melayani penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni. [SP/Laurens Dami] Menteri BUMN Dahlan Iskan (kedua dari kiri) didampingi sejumlah pejabat terkait meresmikan peluncuran KMP Port Link di Pelabuhan Merak, Senin (9/6). Kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry ini akan dioperasikan melayani penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni. [SP/Laurens Dami]

[MERAK] Peluncuran Kapal Motor Penumpang (KMP) Port Link milik PT ASDP Indonesia Ferry, di lintasan Merak-Bakauheni membawa harapan baru bagi pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Merak.

Pengoperasian kapal berkapasitas besar untuk melayani penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten – Pelabuhan Bakauheni, Lampung, diharapkan mampu  mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Pelabuhan Merak hingga jalan tol Tangerang-Merak yang sering terjadi selama ini.

Pengoperasian KMP Port Link tersebut secara resmi dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan juga dihadir Direktur Utama (Dirut) PT ASDP Indonesia Fery Danang Baskoro, Dirut PT Krakatau Steel (KS) Irfan Kamal, Wamen Perhubungan Bambang Susandono, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhadi, Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Dahlan Iskan mengatakan dengan beroperasinya Port Link ini, PT ASDP Indonesia Ferry bisa lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

"Selamat untuk ASDP agar lebih bekerja dengan giat dan meningkatkan pelayanan," ujar Dahlan dalam sambutanya,di Dermaga III Pelabuhan Merak, Senin (9/6).

Dahlan Iskan mengakui, bawa kondisi dermaga yang ada di Pelabuhan Merak hingga saat ini belum maksimal. Karena, jumlah dermaga yang ada di Pelabuhan Merak hanya lima dermaga saja.

“Seharusnya PT ASDP menambah jumlah dermaga dan menyesuaikan dengan jumlah kapal yang ada. Apalagi dengan adanya kapal Port Link, harusnya ada dermaga yang bertingkat,” katanya. 

Dirut PT ASDP Danang Baskoro mengatakan, kapal Port Link yang diresmikan ini telah dilengkapi dengan fasilitas premium seperti bar, bioskop, restoran, ruang teknologi informasi dan ruang bermain anak.

Namun, tarif penyeberangan kapal ini tetap seperti kapal roll on –roll off (ro-ro) lainnya. "Untuk tarifnya tetap normal. Tapi kalau mau menikmati fasilitas tadi memang terkena biaya tambahan," kata Danang.

Dia berharap pada musim mudik Lebaran nanti kehadiran kapal ini bisa membantu mengurai kemacetan. Apalagi Lebaran 2013 ini diprediksi peningkatan penumpang bisa mencapai 7 persen. “Kami optimistis, dengan adanya kapal ini semoga antrean cepat terurai," katanya.

Kapal tersebut mampu mengangkut 1.000 penumpang, dengan kecepatan maksimal 19 knot. Kapal dengan berat 12.619 GT ini, mempunyai panjang 122 meter dan lebar 21 meter.

“Kapal ini kita akan lebih maksimal memberikan pelayanan pada pengguna jasa,” ujar Danang.

Sementara itu, Manager Operasional ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna, mengatakan KMP Port Link buatan Inggris tahun 1980 ini, bisa mengangkut sebanyak 260 khusus kendaraan pribadi atau 130 unit kendaraan campuran.

Jika dibandingkan dengan kapal – kapal yang telah beroperasi sebelumnya di Pelabuhan Merak hanya memiliki kapasitas angkut 80 -120 unit.

“Dengan adanya kapal ini, dari rata-rata angkut sebanyak 2.800 unit kendaraan pe rhari akan meningkat hingga 3. 200 per harinya,” ujar Nana.  

“Dengan adanya penambahan satu unit kapal ini, PT ASDP Indonesia Ferry telah memiliki tiga unit kapal yang dioperasikan di Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni. Dua kapal yang sebelumnya dioperasikan yaitu KMP Jatra I dan KMP Jatra II. Jadi jumlah total kapal yang sekarang ada di Pelabuhan Merak menjadi 41 kapal, dan bisa mengatasi kemacetan yang terjadi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat PT ASDP Indonesia Ferry juga akan kembali mengoperasikan satu unit kapal lainya, yakni bernama Port Link III.

Kapal Port Link III saat ini tengah melakukan docking di Jakarta, dan ditargetkan bisa beroperasi pada Juli 2013 mendatang.  “Untuk Port Link III kapalnya lebih besar lagi. 

KMP Port Link III akan bisa mengangkut sebanyak 400 untuk kendaraan pribadi atau 250 untuk kendaraan campuran,” jelasnya. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»