SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 21 April 2014
Pencarian Arsip

AP Youw Desak Bentuk Provinsi Papua Tengah
Rabu, 12 Oktober 2011 | 9:27

Bupati Nabire Drs. Amselmus Petrus Youw Bupati Nabire Drs. Amselmus Petrus Youw

[JAKARTA] Pemerintah didesak untuk segera membentuk Provinsi Papua Tengah. Pembentukan provinsi itu dipandang dapat mempercepat pembangunan tanah Papua.

"Kami meminta pemerintah dan DPR untuk segera membentuk Provinsi Papua Tengah. Pembentukan provinsi itu akan segera terbangunya sarana dan prasarana umum guna peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua umumnya dan Papua Tengah khususnya," kata juru bicara inisiatif pembentukan Papua Tengah Willem Frans Ansanay pada acara deklarasi pembentukan provinsi tersebut di Jakarta, Selasa (11/10).

Hadir pada acara deklarasi itu koordinator para Bupati/DPRD Papua Tengah, AP Youw dan penanggung jawab kebangkitan Provinsi Papua Tengah Laksamana (Purn) DH Wabiser.

Frans menjelaskan, pembentukan provinsi Papua Tengah sebenarnya sudah pernah dilakukan tahun 1999 pada masa Presiden BJ Habibie. Saat itu, Habibie merespon tuntutan agar Papua tidak memisahkan diri dari NKRI dengan memekarkan provinsi Irian Jaya menjadi Irian Jaya Barat dan Irian Jaya Tengah. Keputusan Habibie itu dituangkan dalam Keputusan Presiden No 327 Tahun 1999 yang diperkuat melalui UU 45 Tahun 1999 tentang pembentukan Irian Jaya Tengah (Papua Tengah).

Namun pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri hanya mengaktifkan provinsi Irian Jaya Barat (kini menjadi Papua Barat). Sementara Papua Tengah tidak dibentuk tetapi disatukan saja menjadi Provinsi Papua yang ada sekarang ini.  

"Hal ini yang membuat masyarakat Provinsi Papua Tengah merasa adanya diskriminasi. Kami mengaktifkan kembali pembentukan provinsi Papua Tengah yang pernah dibentuk. Kami ingin terpisah dari provinsi Papua yang ada sekarang," ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada dua provinsi di Papua yaitu Papua Barat dan Papua. Rencanya jika usulan Papua Tengah diterima maka Papua Tengah akan dimekarkan dari Provinsi Papua yang ada sekarang ini. Dengan itu Pulau Papau nantinya akan dipecah menjadi tiga provinsi.

Wabiser mengemukakan, Provinsi Papua yang ada sekarang ini harus dimekarkan lagi menjadi Papua Tengah karena wilayah provinsi Papua sangat luas. Kondisi itu menghambat pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di sisi lain, pola pembangunan terasa lambat sehingga peningkatan kualitas dan produktivitas masyarakat Papua ikut menjadi terhambat. "Kami memperjuangkan ini untuk kemajuan masyarakat Papua, terutama Papua Tengah," tegasnya.

Menurutnya perjuangan pembentukan Provinsi Papua Tengah itu telah disampaikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Gubernur, DPRD dan MRP Provinsi Papua. Selain itu juga telah disampaikan lewat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Komisi II DPR. Ia berharap pembentukan provinsi Papua Tengah segara dilakukan sebelum pilkada Papua awal tahun 2012. [R-14]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»

AKTIVITAS & REKOMENDASI TEMAN