SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 17 September 2014
Pencarian Arsip

Anak dan Menantu Gubernur Banten Nyaleg
Selasa, 23 April 2013 | 12:56

Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. [Antara] Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. [Antara]

[SERANG] Dua anak Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah, yakni anak pertama, Andika Hazrumy yang saat ini menjabat sebagai anggota DPD asal Banten  dan anak kedua Andiara Aprillia Hikmat mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg). Bukan hanya itu, menantu Atut juga yakni Ade Rossi Chaerunnisa atau istri Andika Hazrumy, ikut mendaftarkan diri menjadi Bacaleg.

Selain itu, anak Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, Wali Kota Tangerang Wahidin Halim, juga beramai-ramai mendaftarkan diri menjadi bakal calon legislatif baik itu untuk DPR, DPRD Banten dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Andika Hazrumy, putra sulung Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah mencalonkan diri menjadi anggota DPR dari Partai Golkar Banten. Andika Hazrumy mencalonkan diri dari daerah pemilihan (Dapil) II yaitu Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Sementara Putri Atut (anak kedua)  yakni Andiara Aprillia Hikmat telah diproyeksi untuk menggantikan kakaknya, dan mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD perwakilan Banten. Sementara menantu Ratu Atut, Ade Rossi Chaerunnisa atau istri Andika Hazrumy, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Serang, kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Banten dari Partai Golkar.

Sedangkan suami Ratu Atut Chosiyah yakni Hikmat Tomet, yang saat ini menjadi anggota DPR dari Partai Golkar selaku Ketua DPD I Partai Golkar Banten kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR, untuk Dapil I yaitu daerah Pandeglang dan Lebak. Andiara mengatakan dirinya terjun ke dunia politik mendapat dukungan penuh dari keluarga, dan saat ini mendapatkan 34 ribu dukungan dari masyarakat. Andiara yang saat ini berusia 26 tahun, mengaku ingin mewakili kaum muda perempuan di Banten, karena saat ini banyak anggota DPD itu adalah laki-laki dan mayoritas usianya sudah tua. “Pencalonan saya didasari niat dan keinginan tulus untuk mengabdi pada masyarakat Banten,"  kata Andiara seusai mendaftarakan diri sebagai bakal calon DPD ke KPU Banten, Senin (22/4).

Sedangkan anak Bupati Lebak Mulyadi Jaya Baya, yakni M. Hasbi Asidiqi mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari Partai PDI-P. Sementara kakaknya, yakni Iti Oktaviani yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat, memilih untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Lebak, yang pemilihanya akan digelar pada 2013 ini. Upaya mendorong keluarga kepala daerah menjadi pejabat publik juga dilakukan oleh Wali Kota Tangerang Wahidin Halim.

Salah satu putra Wahidin Halim yakni Fadlin Akbar ikut mencalonkan diri menjadi Bacaleg dari Partai Demokrat. Bahkan Wahidin Halim telah mendaftarkan diri sebagai anggota DPD Banten. Menurut  Fadlin Akbar, dirinya menjadi caleg dari Partai Demokrat bukan dorongan orang tua tetapi sebagai keinginan dari hati. Bahkan dirinya tidak ingin diklaim, mencalonkan diri sebagai caleg karena bapaknya yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Tangerang.  “Fokus saya jika terpilih, akan mendorong peningkatan wirausaha di wilayah Banten Selatan, sehingga perekonomi Banten bisa merata dan tidak timpang,” ujar Fadlin Akbar.

Anggota KPU Banten Lukman Hakim mengatakan, sesuai pasal 22, huruf (k), Peraturan KPU No 8/2013 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD, menyebutkan kepala daerah atau wakil kepala daerah, PNS, TNI, POLRI, BUMD, BUMN serta pejabat yang mendapatkan gaji  bersumber dari APBN dan APBD harus mundur dari jabatanya.

“Jadi kalau Wahidin akan mencalonkan diri menjadi anggota DPD harus mundur dari jabatannya. Jika tidak mundur, tidak akan masuk daftar calon tetap,” kata Lukman Hakim. Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran caleg parpol dan DPD. Sejauh ini, dikatakan Lukaman Hakim, untuk calon DPD sudah sebanyak 30 orang.

“Hingga waktu akhir pendaftaran, terdapat 30 pendaftar menjadi anggota DPD,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pendaftaran DPRD Banten Agus Supriatna mengatakan, sudah 12 partai peserta Pemilu yang mendaftarkan calegnya. Untuk tahapan selanjutnya setelah pendaftaran, pada 23 April - 9 Mei 2013 adalah verifikasi Parpol dan anggoata DPD, dan 10 Mei – 22 Mei melengkapi kelengkapan parpol dan DPD. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»