SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 28 Agustus 2014
Pencarian Arsip

AMPI Dukung Pemerintah Atasi Bendera Aceh
Jumat, 5 April 2013 | 14:54

Logo AMPI. [Google] Logo AMPI. [Google]

[JAKARTA] Organisasi sayap Partai Golkar (PG), Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) mendukung langkah pemerintah dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah bendera Aceh.  

AMPI menganggap penggunaan bendera seperti bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) akan mengancam eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AMPI mendukung langkah pemerintah untuk mempertahankan NKRI. NKRI adalah harga mati bagi kita semua," kata Ketua Umum DPP AMPI Dave Fikarno Laksono di Jakarta, Jumat (5/4).

Dave mengemukakan langkah yang diambil Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dengan membuka dialog dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh merupakan langkah yang tepat untuk mendudukkan permasalahan ini secara proporsional. Pihaknya berharap Pemda Aceh bisa bekerja sama dengan pemerintah pusat sehingga persoalan itu bisa segera selesai.

"Bendera Merah Putih sebagaimana diatur dalam UUD 1945 adalah pemersatu seluruh wilayah NKRI yang tidak bisa digantikan oleh bendera apapun. Jika ada bendera yang menggunakan simbol-simbol separatisme dan mengganggu spirit NKRI maka melanggar cita-9ita bernegara," ujar anak dari Menko Kesra Agung Laksono ini.

Meski demikian, dia mengakui bahwa bendera daerah sebagai simbol identitas masyarakat lokal harus dihormati sepanjang tidak menggunakan simbol-simbol separatisme.

Jika bendera sebatas ungkapan lokal maka sah-sah saja karena hal demikian sesuai dengan semangat demokrasi dan otonomi daerah. Asalkan ungkapan identitas itu bertujuan memperkaya khasanah kebudayaan bangsa. [R-14]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»