SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 22 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Pilgub Jawa Barat

Ahmad Heryawan Bakal Kembali Menjadi Gubenur Jabar
Minggu, 10 Februari 2013 | 21:13

Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar [google] Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar [google]

[JAKARTA] Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan bakal kembali menjadi Gubernur untuk periode kedua (2013-2018).

Heryawan akan mampu mengalahkan lawan-lawannya pada pemilihan gubenur (pilgub) Jabar yang digelar 24 Februari.

Hal itu berdasarkan hasil survei  Pusat Kajian Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang dilakukan 2-7 Februari 2013. Survei melibatkan 1.250 responden dengan tingkat margin error 1,8 hingga 2 Persen.
"Pasangan calon Gubernur Ahmad Heryawan-Dedi Mizwar (Aher), unggul dengan perolehan 30,80 Persen suara.

Urutan kedua di tempati pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana dengan raihan 27,04 Persen," kata Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (10/2).

Ia menjelaskan peringkat ketiga akan ditempati pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki 18,40 Persen, Irianto MS Safiuddin-Tatang Farhanul 15,20 Persen. Sementara posisi terakhir ditempati Dikdik M Arif - Cecep Toyib 1,76 Persen.

Menurutnya, Pilgub Jabar bisa juga terjadi hanya satu putaran dengan pemenang Ahmad Heryawan-Dedi Mizwar. Namun tidak tertutup juga kemungkinan dua putaran dengan penantangnya pasangan Dede Yusuf.

"Kalau angka ini bertahan sampai pemilihan 24 Februari mendatang, maka dipastikan Pilgub Jabar hanya akan berlangsung satu putaran.

Memang ada kemungkinan dua putaran kalau dilihat. Margin errornya. Tapi melihat kecenderungan persentase yang terus naik, kemungkinan besarnya ya satu putaran," ujarnya.

Husin mengungkapkan hal ini, karena pada survei yang dilakukan lembaganya pada 2-9 Januari lalu, pasangan Aher memeroleh 25,20 Persen suara.

Kemudian Dede-Lex 24,38 Persen, Irianto-Tatang 20,92 Persen. Urutan selanjutnya Rieke-Teten 14,71 Persen dan Dikdik-Cecep 3,06 Persen.
Artinya tingkat elektabilitas untuk Aher terus naik. [R-14]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»