SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 31 Agustus 2014
Pencarian Arsip

12 Gedung Tua di Kawasan Kota Tua Rawan Ambruk
Sabtu, 19 Maret 2011 | 10:58

Kawasan Kota tua Jakarta yang tampak kumur Kawasan Kota tua Jakarta yang tampak kumur

[JAKARTA] Sebanyak  dua belas gedung tua di kawasan Kota Tua di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara rawan ambruk. Bahkan salah satu di antaranya yang terletak di kawasan Kota Tua, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat ambruk diterjang hujan dan angin kencang yang menerpa wilayah Jakarta, Kamis (17/3/2011) .

Kepala Unit Pengelola Terpadu (UPT) Kota Tua, Candrian Attahiyyat mengatakan, gedung tua milik PT Jasindo (Asuransi Jasa Indonesia) ambruk pada bagian atapnya hari Kamis (17/3). Bagian atap yang runtuh menimpa beberapa bangunan yang berada di dekatnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hingga Jumat (18/3) gedung tersebut masih dikelilingi garis polisi hingga radius 10 meter agar tidak ada warga yang mendekat.

”Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah dan dapat mengancam keselamatan masyarakat yang melintas di dekat gedung, saat ini kami sudah sangga bagian atap gedung yang ambruk itu,” jelasnya.

Candrian mengatakan, sebelum peristiwa ambruknya atap gedung, PT Jasindo sempat berupaya memperbaiki gedung yang dibangun pada tahun 1912 ini. Bahkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sempat mendatangkan tim pemugaran dan tim ahli yang terdiri atas arsitek, konstruksi, planologi dan arkelogi.

”Sayangnya karena prosedur untuk mengurus perizinan perbaikan gedung dianggap terlalu berbelit, akhirnya usaha perbaikan gedugn ditangguhkan oleh Jasindo. Hingga akhirnya terjadilah peristiwa ambruknya atap gedung,” tuturnya.

Menurutnya, gedung tersebut dibiarkan kosong sejak krisis moneter tahun 1998. Selain gedung Jasindo, di kawasan Kota Tua yang berada di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara juga terdapat 11 gedung tua yang rawan ambruk.

”Di antaranya adalah gedung Cipta Niaga, Kerta Niaga dan Samudra Indonesia. Ketiga gedung tersebut berada di seputar Jalan Kali Besar Timur dan Kali Besar Barat yang masuk kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat. Bagian yang paling rawan ambruk adalah bagian atapnya,” urainya.

Dikatakan, untuk mencegah gedung-gedung tua tersebut ambruk, pihaknya telah mengusulkan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, agar secepatnya melakukan perbaikan.

”Selain itu kami juga minta agar dalam proses perbaikan gedung,  dinas terkait juga memberikan kemudahan. Mekanismenya agar jangan dibuat berbelit-belit dan sulit seperti saat ini,” tandasnya. [Y-6]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»