SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 20 Agustus 2014
Pencarian Arsip

Pelukis Srihadi Soedarsono Gelar Pameran
Kamis, 24 Mei 2012 | 14:10

Puppets from Memayu Hayuni Bawono (1990), salah satu karya yang dipamerkan pelukis Srihadi Soedarsono [Dok: Art:1] Puppets from Memayu Hayuni Bawono (1990), salah satu karya yang dipamerkan pelukis Srihadi Soedarsono [Dok: Art:1]

[JAKARTA] Pelukis Srihadi Soedarsono akan menggelar pameran tunggal di Art:1 New Museum, Jl Rajawali Selatan Raya No 3 Jakarta Pusat  pada 30 Mei hingga 30 Agustus 2012. Pameran tunggal ini akan diresmikan bersama peluncuran buku Srihadi dan Seni Rupa Indonesia yang ditulis Jim Supangkat yang juga sekaligus kurator pameran.  

Dijadwalkan, pameran akan dibuka Prof Ir Wiendu Nuryanti MArch, PhD, selaku Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bidang Kebudayaan. Ada juga  tamu kehormatan yakni Gunawan Jusuf serta Romo Lambert Somar.   Pemilik Galeri Art:1 Martha Gunawan mengatakan pameran ini merupakan bentuk nyata dari kepedulian Art:1 terhadap terselenggaranya program pameran yang berkualitas. Pameran perdana Srihadi menjadi signifikan dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia di masa depan.  

“Pameran ini juga bertujuan mengedepankan edukasi seni, terutama mengenai perkembangan seni rupa Indonesia – baik tokoh, sejarah, maupun karya seni rupanya, ke masyarakat yang lebih luas,” tambahnya.  

Pameran tunggal ini akan menampilkan sekitar 130 karya yang terdiri dari karya-karya yang belum pernah dipamerkan sebelumnya, dari sketsa, print, drawing dan lukisan. Karya-karya penting Srihadi diangkat dari koleksi pribadi sang pelukis, yang disimpannya selama bertahun-tahun sejak awal karirnya. Pameran ini menyajikan pula karya-karya terbaru Srihadi yang masih memperlihatkan perkembangan.  

Menurut Martha, program Art: 1 ini merupakan pameran yang sangat penting karena Srihadi Soedarsono merupakan salah satu perupa senior Indonesia yang perkembangan karya-karyanya memiliki sejarah serta rekam jejak yang sangat panjang, baik secara nasional maupun internasional. Pameran ini yang menampilkan pencapaian artistik Srihadi dari masa ke masa.  

“Tidak diragukan lagi, buku Srihadi dan Seni Rupa Indonesia akan menjadi sebuah sumber pengetahuan yang sangat berharga untuk menjelaskan mengenai sosok Srihadi Soedarsono dan sekaligus sejarah seni rupa Indonesia. Selain itu, buku ini juga mengetengahkan pula benang merah sejarah seni rupa Indonesia,” tambah Martha. [U-5]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»