SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 29 Juli 2014
Pencarian Arsip

Film The Avengers Mencetak Rekor Pendapatan
Selasa, 8 Mei 2012 | 10:26

Film The Avengers [google] Film The Avengers [google]

[LOS ANGELES] Kisah superhero terbaru Marvel, The Avengers, berhasil mencatatkan rekor, setelah tiga hari pemutarannya di Amerika Serikat dan Kanada meraup pendapatan US$ 200 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun. Jumlah itu adalah jumlah terbesar yang pernah diperoleh sebuah judul sepanjang masa. Selain itu, di luar AS dan Kanada, film ini juga sukses dengan US$ 151 juta pada pekan keduanya.  

The Avengers
memang baru pekan kemarin memulai debutnya di AS dan Kanada, setelah pekan sebelumnya melakukan pemutaran di Eropa dan Amerika Latin. “Pemanasan” di luar AS dan Kanada ini ternyata sukses memancing penasaran penonton di negeri asalnya. Terbukti, dalam tiga hari pemutaran perdananya meraup US$ 200 juta.  

Sebelumnya, rekor perolehan dalam tiga hari pemutaran perdana dipegang Harry Potter: The Deathly Hollows Part2 yang mencapai US$ 169 juta. Menurut data Box Office Mojo, The Avengers menjadi film tercepat yang mencapai angka US$ 200 juta bahkan dibandingkan dengan kisah-kisah Marvel lainnya.  

The Avengers
adalah sebuah kisah superhero yang menggabungkan beberapa cerita superhero lainnya dalam satu kisah, seperti Captain America, Iron Man, Thor, Black Widow, Hulk, dan Hawkeye. Di banding dengan penghasilan masing-masih superhero itu saat bersolo karier,  

The Avangers
mampu melampaui mereka. Thor hingga saat ini hanya mengumpulkan US$ 181 juta, sedangkan Captain America: The First Avenger mengumpulkan US$ 176 juta, dan The Incredible Hulk US$ 134 juta. Hanya pendapatan Iron Man dan Iron Man2 yang belum terlewati. Masing-masing hingga kini mengumpulkan US$ 318 juta dan US$ 312 juta. Namun, banyak kritikus yang menyebutkan jumlah itu akan terlewati pada pekan depan.  

Rasa optimistis itu memang beralasan. Box Office Mojo mencatat, The Avengers diputar pada 4.349 layar di AS dan Kanada. Jumlah layar itu sebenarnya lebih sedikit dari pemutaran Harry Potter: The Deathly Hollows Part 2, namun perolehan The Avengers lebih maksimal. Hal itu memperlihatkan bahwa bioskop-bioskop dipenuhi penonton.  

Selain sukses di negeri asalnya, The Avengers juga sukses di pemutaran internasional. Di 52 negara yang memutar The Avengers, kisah superhero itu meraup US$ 151 juta. Pekan sebelumnya, di pemutaran internasional, The Avengers berhasil mengumpulkan US$ 178 juta.   Pada pekan kemarin, pendapatan terbanyak justru datang dari Rusia (US$ 17,9) dan Tiongkok (US$ 17,4 juta), setelah sebelumnya sukses di Inggris dengan pengumpulan US$ 24 juta.

Di beberapa negara, film ini telah mengumpulkan di atas US$ 30 juta seperti di Mexico, Australia, South Korea, dan Brazil. Secara keseluruhan, baik pendapatan domestik dan internasional, The Avengers meraih US$ 641,8  juta. Kisah sukses The Avengers sepertinya tidak diikuti judul-judul lain.

Di bawah The Avengers, pendapatan film-film lainnya tidak ada yang melampaui US$ 10 juta. Think Like A Man yang dua pekan sebelumnya memuncaki daftar box office, pada pekan ketiganya hanya mampu mendapatkan US$ 8 juta. Sedangkan The Hunger Games hanya mendapatkan US$ 5,7 juta.  

The Hunger Games sebenarnya masih memperlihatkan kekuataannya. Hingga pekan ketujuh, film ini masih mampu berada di daftar lima besar. Berbeda dengan judul-judul lainnya, yang mengalami penurunan besar-besaran setelah tayangnya The Avengers. The Lucky One mendapatkan US$ 5,51 juta dan The Pirates! Band of Misfits mendapatkan US$ 5,4 juta. [K-11] 




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»