SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 17 September 2014
Pencarian Arsip

Tingkatkan Daya Saing untuk Capai Ekspor US$ 230 Miliar
Selasa, 31 Januari 2012 | 11:47

Ilustrasi ekspor. [google] Ilustrasi ekspor. [google]

[JAKARTA] Pemerintah menargetkan pencapaian ekspor senilai US$ 230 miliar tahun 2012. Untuk mencapai taregt tersebut, pemerintah bersama pihak terkait memiliki strategi, yaitu peningkatan daya saing dan diversifikasi ekspor.  

Demikian dikatakan Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi,  Selasa (31/1).   

Bayu mengatakan, krisis yang terjadi di Amerika Serikat (AS) dan Eropa perlu diwaspadai karena akan mengakibatkan perlambatan pertumbuhan perekonomian global. Hal ini, kata dia, tercermin dari revisi pertumbuhan ekonomi dunia yang dikeluarkan International Monetary Fund (IMF), dari 4% menjadi 3,3% tahun 2012.  

Bayu menghimbau, agar dalam upaya meningkatkan ekspor, para pengusaha harus cerdik dalam melihat peluang dan menghadapi tantangan. “Kita mengedepankan pentingnya meningkatkan daya saing produk,” kata dia.  

Ia mengatakan, produk yang kompetitif dalam hal harga dan kualitas akan dengan mudah diterima oleh konsumen dalam dan luar negeri. Jika produk Indonesia kompetitif, maka akan menimbulkan multiplier effects, tidak hanya terhadap peningkatan ekspor, tapi juga membuka banyak lapangan tenaga kerja, dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

Lebih lanjut Bayu menerangkan, tantangan krisis global tidak boleh menyuruti semangat para pengusaha dan eksportir. Apabila AS dan Eropa sedang mengalami krisis, maka Indonesia harus beralih ke pasar yang lain.

Banyak pasar luar negeri yang potensial untuk digarap, diantaranya adalah emerging markets, seperti negera-negara Asia, Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin.  

Selain diversifikasi pasar, Bayu juga menekankan pentingnya untuk melakukan diversifikasi produk. Para pengusaha, pintanya, harus melakukan inovasi, yang merupakan bagian dari peningkatan daya saing.

Diversifikasi pasar dan produk harus sejalan karena keduanya merupakan kunci dalam menembus pasar-pasar luar negeri dan perdagangan yang berkelanjutan.   Bayu juga mengatakan, setiap daerah memiliki tantangan dan peluangnya masing-masing, namun upaya peningkatan ekspor harus tetap dilakukan.

Pemerintah tentunya akan terus berbenah agar semua peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan dapat menciptakan situasi perekonomian yang lebih kondusif,” jelasnya.  

Disamping itu, Bayu juga menekankan pentingnya kerja sama yang sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, serta para pelaku usaha di seluruh Indonesia untuk mencapai target ekspor tahun ini. [E-8]      




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Pemilu 2014

selengkapnya »»